DURI (Riaulantang) — Warga Kota Duri, Kecamatan Mandau maupun warga Kecamatan Bathin Solapan diminta selalu berhati-hati dan waspada jika berkendara diluar rumah dan di jalan raya. Apalagi, jika berkendara seorang diri. Terlebih bagi kaum Hawa, yang kerap berkendara roda dua di jalan raya.

Pasalnya, baru-baru ini pelaku jambret mulai melancarkan aksinya, mengincar mangsanya yang membawa tas apalagi yang mengenakan perhiasan.

Imbauan itu disampaikan oleh tokoh pemuda Mandau Cahyono (38), Selasa (14/6). “Kita imbau kepada masyarakat untuk selalu

berhati-hati dan waspada terhadap pelaku tindak kriminal jambret,” imbaunya.

Memang sebenarnya imbauan tersebut layaknya disampaikan oleh pihak kepolisian sebagai petugas yang kerkompeten. Tapi, Cahyono tak ingin bakal ada lagi masyarakat yang akan menjadi korban pelaku kejahatan yang satu ini, jika tak disampaikan cepat.

“Apalagi, sudah ada masyarakat yang menjadi korbannya baru-baru ini,” katanya.

Diceritakan Cahyono, kasus jambret itu diketahuinya langsung karena kebetulan berada di tempat kejadian perkara (TKP). “Kejadiannya di Jalan Siak dan yang menjadi korbannya adalah seorang ibu-ibu. Malam itu juga si korban langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Mandau,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat terutama wanita hendaklan berhati-hati berkendara pada sore hari. Karena sore hari tampaknya sekarang waktu yang rawan terjadinya kasus jambret. “Apalagi ditengah kondisi terpuruknya ekonomi seperti sekarang ini. Dimana, angka pengangguran sangat tinggi, akibat dampak daripada PHK massal dan banyaknya karyawan yang habis kontrak kerja mereka disejumlah perusahaan. Sementara, biaya hidup cukup tinggi ditambah lagi harga barang-barang yang melambung tinggi,” tandas Cahyono.   (Abi)