DURI (Riaulantang)– Terkait kerusakan jalan Gajah Mada, Kecamatan Mandau masyarakat diminta untuk lebih bersabar. Sebab pada tahun ini, jalan tersebut masuk dalam program kegiatan proyek tahun jamak alias multiyears.

“Kami memahami apa yang dirasakan masyarakat di sekitar jalan Gajah Mada. Tapi kami minta agar lebih bersabar, Insya Allah mulai tahun ini mulai kerjakan melalui program multiyears,” ungkap Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Rabu 17 Januari 2018.

Setelah mendengarkan aspirasi dan keluh kesah dari masyarakat pada pertemuan di kantor Camat Mandau, Bupati Bengkalis Amril Mukminin siang itu meninjau lokasi jalan Gajah Mada.

Setibanya di lokasi, kehadiran orang nomor satu di Negeri Junjungan ini, disambut antusias oleh masyarakat dan beberapa tokoh setempat. Pada umumnya, mereka menyampaikan tentang kondisi jalan dalam beberapa pekan ini, terutama ketika musim hujan, sehingga jalan tidak bisa dilalui.

Di hadapan masyarakat dan tokoh masyarakat setempat, Bupati Amril Mukminin menegaskan, untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan, harus melalui mekanisme yang lewati. Untuk itu masyarakat setempat diminta untuk bersabar dan mendukung program yang bakal dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Menunggu, kegiatan tahun jamak dimulai pada tahun ini, Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis memperbaiki jalan yang rusak dan membuat kanal. Tidak hanya itu, Dinas PUPR tetap menyiagakan alat berat di beberapa titik lokasi yang rawan terjadi kerusakan.

Tidak hanya itu, kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Pemkab Bengkalis juga telah berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Riau. Alhamdulillah, pihak PU Provinsi Riau langsung merespon dengan menyiagakan beberapa alat berat, guna melakukan langkah-langkah cepat mengatasi kerusakan jalan, terutama ketika musim hujan.

Dikatakan Amril Mukmininin, proses pembangunan suatu daerah membutuhkan keterlibatan semua pihak. Oleh karenanya, mantan anggota DPRD Bengkalis ini, mengimbau kepada perusahaan perkebunan yang menggunakan akses Jalan Gajah Mada, untuk andil dalam menangani kerusakan jalan, menjelang kegiatan proyek jalan berjalan.

“Misalnya, ketika ada kerusakan pada musim hujan, kami berharap perusahaan untuk peduli atas kerusakan jalan yang dilewati. Sejauh ini, Pemkab Bengkalis sudah berupaya memperbaiki setiap kerusakan jalan Gajah Mada, jadi tidak ada perusahaan ikut andil, khususnya menjelang proyek multi years dilaksanakan,” ujar suami dari Kasmarni ini.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga menghimbau masyarakat di Jalan Gajah Mada untuk mendukung pelaksanaan program multi years. Misalnya, ketika sudah kegiatan multi years sedang berlangsung, masyarakat diminta untuk menjaga peralatan dan material yang di lokasi.

Turut hadir dalam peninjauan Jalan Gajah Mada, Plt Kadis PUPR Tajul Mudaris, dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Bengkalis. Plt Camat Mandau Basuki Rahmad, Camat Pinggir Djamaludin, Camat Talang Muandau Toharudin. Anggota DPRD Bengkalis Dapil Mandau Pinggir, Abi Bahrun, Rianto, Fidel Fuadi, Pipit Lestari dan Frasiska.(rls)