DURI (Riaulantang)- Hanya dalam waktu 3 jam, penggerukkan parit utama kota Duri yang membelah jalan Hang Tuah bisa dilakukan sepanjang 700 meter. Pengerukkan yang dimulai Jumat siang (23/03/18) sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB itu berhasil membersihkan parit yang tersumbat dari sampah dan beton jalan yang ambruk. Itu tak terlepas dari inisiatif anggota DPRD Bengkalis dari Fraksi PAN, Syaiful Ardi yang meminjam alat berat milik PUPR Bengkalis di Duri.

“Alhamdulillah apa yang menjadi keinginan  kami hari ini bisa terujud.Parit yang setahun ini tersumbat, hari ini sudah bersih. Mudah-mudahan kami disini tak kebanjiran lagi,” jelas tokoh masyarakat setempat, Hashari.

Dikatakannya, keluhan parit tersumbat yang menjadi saluran pembuangan air kota Duri ini sudah lama di lantangkan. Hanya saja belum ada tindakan nyata dari pihak terkait. Hingga akhirnya anggota DPRD Bengkalis Syaiful Ardi turun tangan menanggapi kondisi darurat ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Syaiful Ardi yang sudah merespon keluhan kami. Parit hari ini sudah bisa bersih, dan air sudah mengalir lancar,” ujar Hashari bersama puluhan warga yang berkumpul diparit utama tersebut.

Sementara itu pantauan di lapangan, penggerukan parit yang dilakukan cukup menampakkan hasil. Parit yang biasanya di penuhi sampah dan pecahan beton akibat jalan yang ambruk, terlihat bersih dan air mengalir cukup.lancar. Ada sekitar 700 meter parit yang dikeruk dari awal Jalan Hang Tuah  dekat hotel Grand Zuri hingga ke arah pemukiman warga.(susi)