BATAM (Riaulantang) – Seluruh Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau, tiba di Asrama Haji Batam dalam keadaan sehat, pada pukul 23.56 WIB, Jumat, 31 Agustus 2018.

“Alhamdulillah, berdasarkan informasi yang kita terima, 231 jamaah asal Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam keloter 4 semuanya dalam keadaan sehat. Namun ada seorang jamaah yang mengalami kelelahan pada kaki, sehingga membutuhkan kursi roda,” tutur Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Bengkalis, Heri Pratikno.

Ungkapan itu disampaikannya ketika turut memantau kondisi JH asal Kabupaten Bengkalis, sekaligus mendampingi Bupati Bengkalis Amril Mukminin, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, Heri Indra Putra pada saat penyambutan JH di Asrama Haji Batam.

Kemudian, disaat prosesi serimonial penyambutan JH, terdengar suara batuk yang seakan sahut-menyahut dari JH yang berkumpul di Aula Arafah Asrama Haji. Menyikapi itu, Heri menjelaskan bahwa batuk tersebut merupakan hal yang biasa terjadi kepada JH yang baru sampai ke Tanah Air.

“Batuk jamaah merupakan penyesuaian kondisi cuaca dan udara kembali, setelah dari Tanah Suci Mekkah. Insya Allah, batuk tersebut akan hilang. Artinya tidak ada masalah yang berarti,” sebutnya.

Kendati demikian, bagi JH yang nantinya ketika telah berada di rumah masing-masing, lalu mengalami kondisi tubuh panas atau dingin yang tinggi, Kabin Pelayanan Masyarakat ini, menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau Rumah Sakit.

“Ini sifatnya antisipasi. Kita khawatir ada virus yang mengganggu kondisi tubuh jamaah setelah pulang dari Haji. Mudah-mudahan kita berharap tidak ada yang terjangkit virus,” harapnya.(rls)