BATAM (Riaulantang)- Tepat pukul 7.27 WIB, Kapal Fery Dumai Line 8, lepas sandar dari Pelabuhan Sekupang, Batam bertolak menuju Kabupaten Bengkalis, membawa 231 Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Mandau, Pinggir Bathin Solapan dan Talang Muandau, Sabtu, 1 September 2018.

Meski hanya istirahat sekitar 2 jam di Asrama Haji Batam, para JH terlihat semringah bahagia karena akan pulang berjumpa saudara, jiran dan kerabat di kampung masing-masing. Meski di Lubuk hati yang paling dalam, JH berat meninggalkan Tanah Suci Mekkah.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur sekali karena telah sampai di Tanah Air dan pagi ini akan berangkat menuju ke rumah kita masing. Namun sejatinya di hati kami masih berat, tetapi memang harus pulang, karena waktunya telah habis,” ucap Tim Pendamping Haji Daerah, Zulkifli ketika berada di dalam kapal.

Ketua LAMR Kecamatan Mandau ini juga mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, yang telah memberikan fasilitas baik sejak pemberangkatan maupun saat penjemputan JH Keloter ini.

“Dukungan Pemerintah Daerah kami nilai cukup luar biasa. Kepada Bupati Bengkalis, bapak Amril Mukminin dan jajaran pemerintah, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” sebut JH asal Desa Batang Dui Kecamatan Talang Muandau ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra, H Hambali menyebutkan, Kapal Dumai Line 8 membawa rombongan menuju Kabupaten Bengkalis berlabuh di dua pelabuhan.

“Insya Allah, kita akan tiba di Pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis sekitar pukul 12.40 WIB, untuk menurunkan tim maupun panitia penjemputan JH. Kemudian kapal akan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Pelindo Dumai yang kita perkirakan akan tiba pada pukul 14.30 WIB,” terang Hambali.

Sampai di Pelabuhan Dumai, lanjutnya, JH akan disambut dengan diiringi kompang sebelum kemudian masuk ke kendaraan menuju Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau.(rls)