DURI (Riaulantang)- Kebakaran 2 unit rumah di BTN Sukajadi 3 Jalan Jalan Sukajadi III RT 06 RW 06 Desa Tambusai Batang Dui Kecamatan Bathin Solapan, Senin siang (18/12/17) sekira pukul 11.30 WIB diduga akibat konsleting arus listrik. Sebelum musibah kebakaran kawasan itu tengah pemadaman aliran listrik dan adik korban sempat menghidupkan genset. Namun tak berapa lama berselang, asap dan kobaran api terlihat di bagian kamar depan rumah milik bu Umi.

“Penyebab terjadinya kebakaran tersebut diduga karena konsleting listrik.  Berawal pemilik rumah memintanya adiknyanya  menghidupkan genset di belakang rumah karena mati lampu. Namun tidak lama kemudian mereka melihat asap dari kamar depan,” jelas Kapolsek Mandau Kompol Ricky Ricardo, Sik yang dikonfirmasi Riaulantang.com

Dijelaskan Kapolsek, kebakaran itu menghanguskan 2  bangunan rumah  milik pasangan  Elvidianto  (50) karyawan CPI dan istrinya Umi Norita, (53) PNS dan Dwi Nurgianto (49) karyawan CPI dan istrinya Lena. Kedua rumah itu hangus terbakar. Namun tak ada korban jiwa.

Dijelaskannya kebakaran berawal ketka Senin pagi (18/12/17) sekira pukul 09.00 Wib di Jalan Sukajadi III jadwal mati lampu dari PLN. Sekira pukul 10.45 Wib, Ibu Umi tengah berkumpul bersama keluarga.  Ibu Umi meminta adiknya Bambang  menghidupkan genset yang terletak di belakang rumah karena dia ingin mencuci pakaian.

 Setelah menghidupkan genset sekira pukul 11.30 Wib , Bambang yang lagi berkumpul bersama keluarga di ruang tengah  melihat asap dan mengeluarkan api dari dalam kamar depan, bagian plafon. Dia langsung memberitahu kakaknya bahwa  kamar depan mengeluarkan api dan asap di bagian plavon.

Kemudian keduanya bersama dengan keluarga menyelamatkan diri. Karena api sudah mulai membesar dikarenakan angin kencang akhirnya api merembes ke rumah sebelah / tetangga Dwi Nurgianto. Rumah Dwi pun  ikut hangus terbakar

“Warga datang membantu memadamkan api serta mengeluarkan barang-barang.Sekira pukul 12.00 Wib Pihak Damkar Kecamatan Mandau mendatangi TKP dengan 2 Unit Mobil Damkar. Sekira pukul 14.30 wib api secara keseluruhan telah padam, dan dilanjutkan dengan pendinginan oleh tim damkar dibantu  warga sekitar,” jelas Kompol Ricky. (bambang)