DURI (Riaulantang)- Respon masyarakat yang apresiasi perbaikan Jalan Sudirman setelah bengkalai belasan tahun dan berharap hal serupa bisa dilaksanakan di ruas Jalan Hang Tuah Duri ditanggapi serius oleh Camat Mandau, Riki Rihardi SSTP MSI.

Kepada Riaulantang.com, Sabtu malam (22/12/18) Riki mengungkapkan kenginan sama dengan masyarakat yang ingin jalan itu bebas tanpa hambatan. Hanya saja kewenangan perbaikan jalan itu berada di Provinsi karena statusnya jalan milik negara dan bukan milik kabupaten. Kendati demikian berbagai upaya akan dilakukan agar jalan itu bisa diperbaiki layaknya Jalan Sudirman yang sudah dihotmik

“Terkait banyaknya permohonan masyarakat perbaikan jalan Hang Tuah sebelum Simpang Stadion dan Simpang Jalan Mawar kita sangat paham dan mengerti. Sesungguhnya keinginan masyarakat itu sama dengan kami yang ingin jalan itu diperbaiki. Hanya saja kita terkendala regulasi perbaikkannya yang harus mengaju ke provinsi atau pusat. Kendati demikian kita akan tempuh upaya persuasif layaknya Jalan Sudirman, hingga pemilik lahan mau merelakan lahannya untuk kepentingan masyarakat banyak,” harap Riki.

Dijelaskannya, persoalan perbaikan Jalan Hang Tuah itu tergantung kepada pemilik lahan yang sampai saat ini belum merelakan lahannya untuk kepentingan umum. Untuk itu berbagai upaya akan dilakukan agar pemilik lahan bisa merelakan tanahnya sehingga jalan itu bisa secepatnya diperbaiki.

“Kita akan kembali buka persoalan ini. Lurah di dua titik yang rawan kecelakaan ini akan kita panggil untuk dengar masukkannya. Termasuk nanti pendekatan hati ke hati dengan pemilik lahan. Mudah-mudahan kali ini pemilik lahan bisa tergugah layaknya pemilik lahan Sudirman,” harap Riki lagi.

Tak hanya mengharapkan penyelesaian persuasif dari satu pihak, Riki juga berharap ada pendekatan persuasif dari warga atau tetangga pemilik lahan. Tujuannya sama agar pemilik merelakan lahanya hingga perbaikan jalan bisa dilakukan pihak provinsi.

“Kita juga berharap peran serta masyarakat dan tokoh masyarakat agar dapat memberi masukan kepada pmilik lahan agar mau merelakan lahannya untuk kepentingan msyarakat banyak,” ujar Riki. (bambang)