DURI (Riaulantang)- Terkait kasus bayi yang sempat tertukar  di RSUD Mandau Jalan Stadion Duri, Rabu (05/17/17), Direktur RSUD Mandau, dr Ersan Saputra yang ketika dikonfirmasi tengah berada di perjalanan segera mengontak bagian perawatan. Setelah mendapat informasi yang akurat, Ersan  memberikan klarifikasi.

“Saya sudah hubungi bagian perawatan. Memang benar kejadiannya. SOP nya sudah sesuai, bayi sudah diberi gelang identitas. Tapi pas memberikan bayi, salah mengangkat bayi,” jelas Ersan.

Kendati demikian, ungkapnya, pihaknya akan memanggil pihak-pihak yang terkait kasus bayi yang sempat salah kasi itu.

“Saya tegaskan, bahwa saya akan panggil mereka yang sudah salah ini. Saya akan beri sangsi tegas agar kedepan jangan lalai lagi,” ujar Ersan.

Dijelaskan Ersan lagi, secara SOP bagian perawatan sudah menjalankan tugas sesuai prosedur. Bayi sudah diberi gelang identitas dan tak mungkin tertukar.  Namun kesalahannya saat mengangkat bayi untuk ditunjukkan ke pihak keluarga.

“Jadi pas angkat bayinya yang  salah. Kalau untuk tertukar rasanya tidak mungkin karena gelang identitas masih ada.  Makanya secara internal, saya akan panggil mereka semua, agar kejadian ini tak terulang,” jelasnya lagi.(Susi)