BENGKALIS (Riaulantang) — Penyelenggaraan Hari Anak Nasional Tingkat (HAN) Kabupaten Bengkalis Tahun 2017 ini, bertujuan menjamin pemenuhan hak anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta terlindung dari kekerasan dan diskriminatif.

Kemudian, agar semua lapisan masyarakat menyadari akan pentingnya pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan anak Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, saat memberikan sambutan pada puncak HAN Tingkat Kabupaten Bengkalis, Kamis (24/8/2017) pagi.

“Peringatan han 2017 ini juga sebagai salah satu upaya untuk menanamkan dan meningkatkan kesadaran orang tua akan tanggung jawabnya kepada anak, begitupun sebaliknya, sambung Kasmarni, anak tahu akan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat,” ujar Kasmarni.

Dan yang tidak kalah penting, katanya, peringatan han 2017 ini juga diharapkan dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan hak asuh anak di daerah ini.

Lebih lanjut, Istri orang nomor satu di Negeri Junjungan ini menjelaskan, sebanyak tiga puluh persen penduduk Indonesia adalah anak-anak. Kondisi ini merupakan sebuah potensi dan modal utama bagi kelangsungan membangun negeri ini.

Karena itu, imbuhnya, kita semua punya tanggungjawab untuk membentuk anak-anak menjadi sumber daya manusia yang berkarakter kuat, menguasai ilmu pengetahun dan teknologi, berdaya saing tinggi, berakhlak mulia, beriman dan bertaqwa.

Untuk mewujudkan itu, terang perempuan yang pernah menjabat sebagai Camat Pinggir ini, orang tua, tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dunia usaha dan masyarakat mempunyai peran yang sangat penting.

“Tak terkecuali TP PKK Kabupaten Bengkalis bersama seluruh pengurus yang ada, juga harus bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan dan tumbuh kembang anak. Kami yakin dan percaya bahwa anak-anak kita akan bisa membawa perubahan daerah yang lebih baik di masa yang akan datang,” terangnya.

Di akhir sambutannya, Sekretaris di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis ini  mengajak para orang tua di daerah ini mendoakan semoga anak-anak di Indonesia umumnya dan Kabupaten Bengkalis khususnya, tumbuh menjadi anak yang soleh dan berbudi pekerti yang luhur.

“Mari kita doakan bersama agar anak-anak kita cerdas dan berpengetahuan tinggi, sehat jasmani dan rohani, sayang dan patuh kepada orang tua dan para guru, baik dan rukun sama teman, mencintai dan bangga pada negerinya, mencintai lingkungan alamnya, rajin beribadah, serta rajin berolahraga,” pungkas Kasmarni. (Hms)