DURI (Riaulantang) – Bupati Bengkalis Amril Mukminin beserta Istri Kasmarni Amril menghadiri penyerahan mobil pustaka keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis ke Kepala Perpustakaan dan Kearsipan UPT Kecamatan Mandau, Dra. Lili. Kamis (01/11) pagi.

Penyerahan Mobil Pustaka Keliling Bengkalis, mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya meningkatkan minat baca bagi masyarakat khususya di Kabupaten Bengkalis.

“Perpustakaan keliling merupakan salah satu perangkat pendidikan non formal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Semoga dengan penyerahan mobil perpustakaan keliling ini kedepanya dapat mempercepat hantaran informasi kepada masyarakat dalam mengunjungi daerah – daerah di wilayah Kecamatan Mandau dan juga sekolah yang jauh dari perpustakaan Kecamatan Mandau”,tukas Amril seraya berharap fasilitas mobil pustaka keliling ini bermanfaat bagi masyarakat dan para pelajar serta dapat menjadi sarana belajar informal bagi masyarakat dalam mencari bahan bacaan maupun sarana untuk memahami perkembangan informasi.

Senada Pelaksana Tugas Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Bengkalis, Suharto, Penyerahan mobil pustaka keliling mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kemauan pemanfaatan informasi bagi masyarakat serta untuk mengkondisikan tumbuhnya minat baca bagi masyarakat.

“Saat ini dunia literasi sedang berjuang meraih kejayaannya kembali. pemerintah terus menggenjot minat baca masyarakat, khususnya anak-anak yang pada saat ini lebih banyak bermain game, sibuk dengan gadget dan apapun bentuknya, sehingga berpengaruh pada minat baca masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis, terus berupaya untuk melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi ke berbagai pusat kegiatan masyarakat, kita hadir ke sejumlah pusat kegiatan masyarakat maupun sekolah – sekolah dalam usaha meningkatkan minat baca masyarakat. Saat ini membaca belum menjadi kebutuhan, Media teknologi semakin pesat, perlu strategi jitu agar masyarakat untuk pro aktif agar mengunjungi perpustakaan keliling ini.” tutupnya.(hms)