Camat Mandau Riki Rihardi (kaos hitam) bermain bola sarung dangdut

DURI (Riaulantang)- Berbeda dengan perayaan HUT RI pada tahun tahun sebelumnya, perayaaan HUT RI di lingkungan kantor Camat Mandau tahun ini terlihat lebih semarak. Berbagai perlombaan khas ibu-ibu hingga bapak-bapak digelar di kantor milik pemerintah itu. Ada yang sifatnya permainan rakyat, ada pula perlombaan olahraga bahkan perlombaan khas ibu-ibu PKK. Semuanya mengundang gelak tawa dan menambah keakraban antar dinas dan instansi yang ada di lingkungan kantor Camat Mandau.

Seperti terlihat di halaman Kantor Camat Mandau, Selasa sore (14/08/18) sekira pukul 16.15 WIB. Begitu sirene jam kerja berbunyi, para ASN dan hononer siap-siap memenuhi halaman kantor Camat Mandau yang disulap menjadi lapangan bola.

Dua gawang kayu didirikan di lapangan yang biasa si pakai untuk apel upacara, sementara para pemain terlihat sibuk mempersiapkan kostum masing-masing. Ternyata sore itu berhadapan tim Kecamatan Mandau dengan tim Kelurahan Duri Timur.

Tim Kecamatan langsung dikapteni Camat Riki Rihardi yang bersiap dengan kostum olahraga berbelit kain sarung. Agaknya Camat tak mau ketinggalan mengikuti permainan rakyat yang mengikutkan seluruh ASN dan honorer di lingkungan Kantor Camat dan dinas/instansi terkait itu.

Begitu pluit ditiup wasit kehebohan pun dimulai. Para pemain yang bersarung ini pun memulai aksi, supporter di sekeliling lapangan pun tak kalah memberi semangat. Maklum yang bermain bola sarung adalah Camat yang terpaksa bergoyong dangdut begitu alunan musik menghentikan laga.

Suasana pun heboh. Gelak tawa, pekik semangat terlihat dari penonton yang menyaksikan permainan yang tak pernah dimainkan di kantor Camat ini.

Suasana makin heboh saat Camat mendapat kesempatan membobol gawang lawan namum sayang tendangan kerasnya memantul mengenai kiper. Setelah itu kedua pemain amatiran itu pun terlihat ngos-ngosan dan Camat diganti dengan pemain cadangan.

“Alhamdulillah bisa mengikuti permainan rakyat seperti ini. Ngos-ngosan juga karena sudah lama tak seperti ini,” ujar Camat Riki yang diistirahatkan di bangku cadangan.

Lebih lanjut Camat yang didampingi Sekcam Rusydi menjelaskan pada perayaan HUT RI ke 73 ini Kantor Camat Mandau menaja tiga acara. Ada lomba olahraga, lomba kegiatan PKK dan pesta rakyat. Semuanya digelar untuk lebih mendekatkan silaturrahmi dan suasana keakraban satu sama lain.

“Perlombaannya sudah dimulai sejak Kemaren (Senin-red) hingga besok (Rabu). Yang paling heboh permainan rakyat seperti tarik tambang, lomba memasukkan kelereng dan pensil dan lomba makan kerupuk yang digelar tadi pagi hingga bola sarung dangdut ini,” jelas Rusydi lagi

Lebih lanjut disampaikan Rusydi, untuk lomba PKK langsung di komandai Ketua Timrak PKK Mandau, Dewi Asdinar Riki, sementara lomba olahraga dan permainan rakyat langsung ditangani Sekcam muda ini.

“Alhamdulilah kegiatannya berjalan lancar hingga hari ini. Ada lomba bulutangkis, tennis meja yang saat ini berlangsung di gedung Bathin Betuah. Ada lagi lomba PKK yang sudah berakhir kemaren,”tambahnya lagi.

Terkait lomba semarak yang dilaksanakan pemerintah Kecamatan Mandau ini, Hj Fauziah dari UPT Dinas Pendidikan Mandau menyampaikan apresiasinya. Tim putri tennis mejanya berhasil meraih juara pertama di lomba HUT RI yang jarang diadakan pemerintah Kecamatan ini.

“Apresiasi dengan kegiatan yang digagas Camat ini. Puluhan tahun saya disini baru kali ini ada lomba yang melibatkan seluruh dinas instansi. Pokoknya good joblah,” ujar pengawas TK ini. (susi)