Dandim Bengkalis Letkol (Inf) Timmy Prasetya dan kondisi rumah warga sebelum dan sesudah dibedah

DURI (Riaulantang)- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun 2018 wilayah Kodim 0303 Bengkalis yang dipusatkan di desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir membawa berkah tersendiri bagi masyarakat asli yang rata-rata adalah masyarakat Sakai. Kenapa tidak sejumlah proyek fisik di gesa di desa yang menjadi tanah kelahiran bupati Bengkalis Amril Mukminin itu. Warga pun seperti mendapat rezeki “durian runtuh” dengan pengerjaan 23 proyek fisik yang dibangun dalam kurun waktu satu bulan plus proyek non fisik lainnya.

Rasa syukur dan bahagia tak terkira diungkap tiga warga sakai yang mendapat rezeki bedah rumah dari program TMMD itu. Gubuk reot yang sudah puluhan tahun di huni kini berubah menjadi rumah permanen berdinding tembok yang layak huni. Secercah harapan untuk hidup yang lebih baik pun mengiringi rehap rumah yang kini siap dihuni itu.

Gogo buruh tani yang mendapat berkah bedah rumah bersama Jusnini dan Yeni Anggraini menyampaikan rasa haru tak terkira untuk kerja TNI yang sudah menyulap gubuk reotnya. Gogo tak mengira gubuk yang selama ini dihuninya berubah dratis dalam waktu sekejab.

“Ini impian saya mendapat rumah seperti ini. Terimakasih pak TNI sudah banyak membantu kami,” ujar Gogo yang bedah rumahnya sudah mencapai 80 persen di hari ke 11 TMMD, Kamis (19/07/18).

Ungkapan senada disampaikan warga lain yang tak mengira desanya bakal mendapat anugerah pembangunan fisik yang luar biasa. Linda perempuan setengah baya sengaja datang ke lokasi pengerjaan proyek semenisasi di daerahnya untuk mengucapkan terimakasih atas kerja lelah TNI ini.

“Terimakasih pak. Kami sangat terbantu. Mudah-mudahan kerja bapak mendapat pahala setimpal dari Allah SWT,” ujar perempuan sakai ini.

Sementara itu Dandim 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Timmy Prasetya Harmianto, juga mengucapkan terimakasih atas peran serta masyarakat dalam TMMD ke 102 ini. Menurutnya TMMD ini merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat, karena rohnya TNI berasal dari rakyat.

“Mudah-mudahan proyek fisik dan non fisik yang kita kerjakan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga ke pelosok. Dan mudah-mudah juga ekonomi masyarakat bisa terangkat dan bergerak dari imbas proyek ini,” harapnya.

Disampaikan Letkol (Inf) Timmy Prasetya ada 23 sasaran yang dikerjakan dalam program TMMD ke 102 ini diantaranya bedah rumah (3 unit), pembangunan box culver (16 unit) dan Betonisasi ( 1 unit. Disamping itu juga dilaksanakan proyek non fisik diantaranya penyuluhan bela negara, keamanan, ketertiban masyarakat, hukum, bahaya narkoba dan lainnya.

“Mudah-mudahan TMMD ke 102 ini membawa manfaat yang luas bagi masyarakat,” harap Dandim. (susi)