BATAM (Riaulantang) – Jamaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 4 Embarkasi Batam asal Kecamatan Mandau, Kecamatan Pinggir, Kecamatan Talang Muandau dan Kecamatan Bathin Solapan tiba di Batam, Kepulauan Riau Sabtu 21 Juli 2018.

Sebelumnya JCH ini dilepas dari Masjid Besar Arrafah Duri pada pukul 6:30 WIB untuk menempuh perjalanan darat mengunakan bus yang disiapkan Pemkab Bengkalis menuju Dumai. Dari Dumai menggunakan kapal Ferry Dumai Line 8, JCH berangkat menuju Batam melalui Pelabuhan Pelindo Dumai pukul 08.00 WIB.

Selama dalam perjalanan menuju Batam, Jemaah tampak khusuk mendengarkan ceramah Ustadz Abdul Somad dan menyaksikan tontonan pedoman haji.

Tibanya di pelabuhan Sekupang pukul 15.00 WIB, JCH disambut tabuhan kompang dan langsung menuju Asrama Haji Batam, Batam Centre, Jalan Engku Putri, Teluk Tering menggunakan 7 armada bus.
Selanjutnya di Asrama Haji, panitia akan membagikan perlengkapan wajib haji yang harus dimiliki JCH seperti gelang, paspor, serta sejumlah perlengkapan lainnya.

Petugas kloter 4 Rajuki Ridwan mengungkapkan, Kloter 4 asal Kabupaten Bengkalis ini berjumlah 230 Jemaah yang terdiri dari 125 orang laki-laki dan 105 orang perempuan.

“Di kloter 4 ini jamaah termuda berusia 26 tahun atas nama Kevin Febiyan Masrul Bin Masrul, sedangkan yang tertua berumur 80 tahun atas nama Bulan Binti Said,” jelasnya sembari diaminkan H. Nurhadi yang juga petugas kloter 4.

Sedangkan Ketua koordinator 4 kecamatan Bengkalis, Rustami mengungkapkan renananya JCH kloter 4 akan terbang dari Batam menuju Tanah Suci pada Ahad, 22 Juli sekitar pukul 09.00 WIB. Nantinya JCH asal 4 Kecamatan ini akan bergabung dengan JCH asal Kabupaten Indragiri Hulu yang bertolak dari Pekanbaru menuju Batam menggunakan pesawat.

“Di Tanah Suci JCH kloter 4 akan menginap di pemondokan Misfalah dan akan kembali ke tanah air pada 31 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Selain Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Keberangkatan JCH 4 kecamatan ini juga didampingi Ketua MUI Amrizal, Ketua LAMR Bengkalis Tengku Zainuddin Yusuf, Ketua DDII M Ashubli serta Ketua FKUB Nurnawawi.(rls)