BENGKALIS (Riaulantang)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis, menggelar rapat koordinasi persiapan kepulangan Jamaah Haji (JH) asal Kabupaten Bengkalis, Rabu (29/8) malam.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis ini, dipimpin langsung oleh Sekda Bengkalis H Bustami HY dengan didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H Jumari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra dan Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Setda Kabupaten Bengkalis H Hambali.

Bustami menyampaian bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk memantapkan seluruh persiapan serta apa saja nantinya yang akan dilakukan sehingga penjemputan JH bisa berjalan dengan aman, lancar, serta selamat sampai tujuan untuk kembali ke daerah masing masing.

“Meskipun ini merupakan kegiatan rutin tahunan, namun tetap harus dikoordinasikan dengan baik kepada semua pihak terkait. Mana yang sudah baik pelaksanaanya tetap dipertahankan dan yang kurang agar segera dievaluasi dan diperbaiki kedepannya”, kata Bustami.

Rapat tersebut membahas mengenai persiapan saat melakukan penjemputan JH yang tergabung dalam kloter IV asal Kabupaten Bengkalis dari Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau dan kloter VIII asal Kabupaten Bengkalis dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Bandar Laksamana, Siak Kecil dan Rupat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H Jumari dalam rapat menjelaskan JH asal Kabupaten Bengkalis kloter IV yang berjumlah 232 orang, direncanakan akan tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Jumat malam tanggal 31 Agustus 2018.

Sedangkan Kloter VIII asal Kabupaten Bengkalis dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Siak Kecil, Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Rupat yang berjumlah 193 orang, direncanakan akan tiba di tanah air pada Kamis dini hari tanggal 6 September 2018.

“Seluruh Jamaah Haji kloter IV akan langsung diberangkatkan pada hari Sabtu pagi, 1 September 2018 melalui pelabuhan Sekupang Batam dan langsung menuju Pelabuhan Pelindo Dumai. Nantinya Camat dari 4 Kecamatan tersebut akan menyambut Jamaah Haji di Pelabuhan Pelindo Dumai”, ujar Jumari.

Sedangkan untuk kloter VIII, pada hari Kamis 6 September 2018, seluruh JH akan diberangkatkan dari Pelabuhan Sekupang Batam menuju pelabuhan Sei Pakning untuk menurunkan JH asal Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana. Kemudian lanjut ke pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis untuk menurunkan JH asal Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Sedangkan JH asal Kecamatan Rupat akan berpindah kapal menuju ke Rupat dengan menggunakan kapal regular.(rls)