PEKANBARU (Riau Lantang) – Bila tak ada halangan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 dan Tanjung Beruas Port, Malaysia yang ditunjuk sebagai operator Pelabuhan Kapal Ferrry penyeberangan roll on roll off (Roro) antara kota Dumai dengan Bandar Malaka bersepakat menindaklanjuti operasional kedua pelabuhan tersebut.
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, mengemukakan hal tersebut saat menanggapi tindak lanjut pertemuan di Jakarta, beberapa waktu lalu, dimana operasiponal pelabuhan sekaligus kapal ferry roro direncanakan sudah terealisasi tahun 2020 mendatang. Diharapkan, dengan dibukanya jalurpenyebrangan Roro Dumai-Malaka itu akan semakinberkembang.

“Insya Allah, pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 Roro Dumai dengan Malaka sudah dapat dioperasikan, sehingga dengan beroperasinya pelabuhan roro tersebut akan mampu meningkatkan perekonomian daerah,”kata Gubri, Senin (08/04/2019).

Pemerintah Indonesia dan negeri jiran Malaysia melalui pihak terkait,terus memaksimalkan rencana dibukanya Roro Dumai-Malaka tersebut.Bahkan Gubri sudah berandai-andai bahwa masyarakat jangan heran nantinya jika di sejumlah tempat wisata ada mobil berplat luar negeri.

Mantan Bupati Siak ini berharap, hal ini bisa menjadi kenyataan, Karena apabila terealisasi sesuai waktu yang disepakati, maka akses perhubungan antara Indonesia melallui daratan Sumatera daan kota-lain di Malaysia via Bandar Melaka dapat terbuka dan membuka peluang ekonomi baru.

Oleh karenanya papar Syamsuar, seluruh lapisan masyarakat Riau khususnya kota Dumai dapat mendukung penuh rencana tersebut. Demikian juga dengan warga dari berbagai kota di Riau bahkan Pulau Sumatera yang ingin ke Malaysia via kota Dumai, maka percepatan kemajuan perekonomian daerah akan terwujud, karena banyaknya wisatawan yang singgah atau transit di Dumai ataupun Kota lain di Riau.

“Kesepakatan operasional kapal ferry Roro Dumai-Malaka sudah final,tinggal bagaimana pelaksanaan tekhnis nanti di lapangan, tentunya dengan menyiapkan petugas pengamanan, bea dan cukai, imigrasi serta pusat karantina,”ulas Syamsuar.(afa)