DURI (Riaulantang) – Sebanyak sembilan tempat usaha beserta kolam budidaya ikan milik warga yang terletak di pingir Jalan Jendral Sudirman Duri tak berapa jauh dari simpang Polsek Mandau dihantam banjir dalam beberapa minggu belakangan.

Banjir tersebut dipicu oleh penutupan gorong-gorong pembuangan air dari kawasan cekungan tersebut oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Sebelumnya tidak ada banjir karena air dari area tersebut dialirkan melalui polongan melintasi jalan Duri-Pekanbaru Polongan tersebut sudah ada sejak lama.

Sayangnya, penutupan saluran pembuangan ini terkesan tidak mempertimbangkan dampak lingkungan yang akan menimpa sejumlah tempat usaha milik warga yang ada di sekitarnya.

“Sembilan tempat usaha ini berdiri di tanah milik keponakan kami. Bukan di tanah Chevron. Kalau ini tanah Chevron tentu sudah digugatnya dan kami tidak bisa berusaha disini sampai sepuluh tahun lebih. Dengan kegegabahan CPI menutup saluran pembuangan itu, kami dirugikan. Hingga kini tak ada staf CPI yang turun meninjau kerugian kami. Parit buangan baru yang dibuat PT CPI melintasi jalan menuju Polsek Mandau hingga kini belum juga siap. akibatnya, tempat ini berubah jadi danau. Karena air di dalam rumah saya mencapai sebetis beberapa hari lewat, kami sekeluarga terpaksa mengungsi. Ini karena ulah CPI,” keluh Syafrizal,  salah satu korban Kamis (10/8/2017) petang.

Terkait kerugian dan keluhan warga yang dilanda banjir tersebut, Mewakili Manejer Komunikasi PT CPI Danya Dewanti  staf Komunikasi Chevron, Dian Paramitha memberi tanggapan resmi.

“PT CPI berkomitmen untuk senantiasa menjalankan kegiatan operasi hulu Migas secara selamat, efisien, dan handal serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang belaku.

“CPI tengah memperbaiki saluran air yang dimaksud dan senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai permasalahan ini agar mendapat solusi terbaik,” tulisnya melalui sms.

Tanggapan ini sangat normatif sifatnya. Apakah lahan yang ditempati warga itu milik Chevron atau hak milik warga, sama sekali tidak dijawab secara tegas dan eksplisit.(dan)