BALAIJAYA (Riaulantang) – Pelaksana Tugas (Plt)  Bupati Rohil Drs.H Djamiludin melakukan penaburan benih ikan di kebun Kayangan dilingkungan PT Salim ivomas Pratama yang berada di Kecamatan Balai Jaya, Selasa (27/2/2018).

Kegiatan tabur benih ini merupakan bantuan dari DPP Partai PDIP yang diperuntukkan bagi masyarakat desa Kayangan Kecamatan Balai Jaya. 

150.000 ekor  benih ikan Nilam yang habitatnya asli pulau  Sumatra ini ditabur di waduk PKS Kayangan yang berada di area PT Salim Ivomas Pratama yang memiliki luas 36.926 M2 dengan kedalaman 7.5 meter sehingga mampu menampung 240.000 M3.

Benih ikan ini merupakan hasil pembenihan Kepala UPT Pusat, Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi Wilayah Kerja Sumatera.

Anggota DPR-RI dari Fraksi PDIP Ir.Efendi Sianipar  dikomisi IV diwakili  Maston Saragih yang hadir di kegiatan itu menyampaikan menyampaikan benih ikan itu bantuan pusat hasil aspirasi.

 “Kegiatan ini terlaksana adalah hasil dari aspirasi masyarakat begitu juga pemilihan lokasinya”.

Disisi lain Plt. Bupati Rohil dalam sambutannya  mengapresiasi kegiatan ini, terlebih untuk Effendi Sianipar DPR RI dari fraksi PDIP atas kepedulian di daerah dapilnya.

” Tidak hanya bantuan ikan air tawar di desa kayangan ini saja, tapi masih banyak daerah lain yang mendapatkan sentuhan dari  Efendi Sianipar yang berupa Handtraktor dikecamatan Pekaitan dan dikecamatan Kubu,” jelasnya.

Plt Bupati Rohil juga mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan, yang selama ini mampu memberikan kontribusi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Rokan Hilir terutama masyarakat desa kayangan ini.

Sementara itu Wajri Ali Area Manager Engineering PT Salim Ivomas Pratama Wilayah Riau isangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Terlebih lagi mendapatkan bantuan ikan air tawar untuk menjaga ekosistem ikan air tawar di desa Kayangan, dan juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat tempatan.

Akhir acara ini ditandai dengan penebaran benih ikan ke waduk oleh Plt Bupati Rohil didampingi oleh wakil dari DPR RI Fraksi PDIP, Kepala UPT Balai Pembenihan Ikan Provinsi Jambi, dan Area Manager Engineering PT Salim Ivomas Pratama dan disaksikan masyarakat desa kayangan. (rls)