BENGKALIS (Riaulantang)– Sempena menyongsong peringatan Hari Jadi ke-506 Bengkalis tahun 2018, dimulai dari 9 April sampai dengan 4 Mei 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan mengadakan sayembara atau perlombaan Desain Logo yang digelar terbuka untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis dan tidak dipungut biaya.

Hal ini disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, melalui surat nomor: 003/UM/138/2018 tentang Lomba Desain Logo Hari Jadi ke-506 Bengkalis tahun 2018, ditandatangani Sekretaris Daerah, H Bustami HY.

Dalam surat pengumuman itu, disebutkan bahwa para peserta yang ingin mengikuti sayembara harus memenuhi keriteria yang disiapkan panitia. Seperti, peserta harus membuat logo desain sesuai tema dan pilihan sub tema yang disediakan.

Adapun tema untuk perlombaan Logo Desain Hari Jadi ke-506 Bengkalis adalah “BENGKALIS BEDELAU(BERGERAK DENCAN KEMILAU)”, dengan tiga sub tema pilihan. Pertama, “BENGKALIS KITA, KITA BANGUN BERSAMA” tagline Hari Jadi ke-506 Bengkalis #BengkalisKita, #BangunBengkalisBersama.

Kedua, “MEMBANGUN SINERGl, MENGOLAH POTENSI MENUJU BENGKALIS MAJU DAN MAKMUR” Tagline Hari Jadi ke-506 Bengkalis #BangunSinergiBengkalis, #OlahPotensiBengkalis, #BengkalisMajuMakmur.

Terakhir, “DENGAN SEMANGAT HARI JADI KOTA BENGKALiS KE-506, KITA TINGKATKAN SEMANGAT KERJA BERSAMA MENUJU BENGKALIS MAJU DAN MAKMUR” Tagline Hari Jadi ke-506 Bengkalis #SemangatKerjaBengkalis,#BengkalisMajuMakmur.

Kemudian, peserta juga harus mendisain logo yang mengacu pada sejarah Bengkalis, dilengkapi dengan narasi makna dari logo yang dibuat. Logo dasar harus dimuat dengan simbol-simbol, ornamen, ragam corak, makna, unsur dan filosofi budaya Melayu.

Peserta harus mendesain logo yang mencerminkan nilai seni, semangat dan budaya masyarakat Bengkalis. Desain logo tidak menyinggung Suku Agama Ras Antar Etnis (SARA) dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.

Logo harus dibuat dalam bentuk format Ai/CDR/EPS/PSD/JPEG/PNG/BMP atau TIFF dan dapat diperkecil hingga sampai 2,5 cm. Dikirim via email ke alamat [email protected]dengan judul “Lomba Desain Logo Hari Jadi ke‐506 Bengkalis Tahun 2018-(Nama Lengkap) “Maksimal kapasitas file 20 MB.

Melampirkan narasi makna logo, surat pernyataan hasil karya sendiri (asli) bermatrai 6000, duplikasi Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga/Identitas lain yang masih berlaku, Blodata/Curttculum Vitae(mencantumkan no telpon/kontak yang dapat dihubungi) semuanya dalarn formaat pdf.

Untuk fisiknya, dicetak dalam kertas putih A4(80 gr) dan disertakan soft copynya dalam bentuk CD dikirim langsung/via Pos(Cap Pos)dalam amplop tertutup dilengkapi dengan narasi makna logo dalam kertas putih A4 (80gr). Surat pernyataan asli karya sendiri (asli) bermaterai 6000, duplikasi Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga/Identitas lain yang masih berlaku dan biodata diri (mencantumkan no telepon/kontak yang dapat dihubungi).

Semua berkas dikirim ke alamat Sekretariat Panitia Lomba Desain Logo Hari Jadi Bengkalis, di Bagian Umum Setda Kabupaten Bengkalis, Jln Jend. Ahrnad Yani Nomor 070 Bengkalis Telp. No.(0766) 21258, Kode Pos 28712, paling lambat tanggal 04 Mei 2018.

Peserta lomba juga dapat menghubungi Sekretariat Panitia di nomor telepon (0766)21258  atau Ari Kurnia Dinata 085265848403, untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Atau inforrnasi lengkap dan contoh surat pernyataan hasil karya dapat dilihat dan didownlod di website resmi, www.bengkaliskab.go.id , www.humas.bengkaliskab.go.id dan www.diskominfotik.bengkaliskab.go.id(
https://diskominfotik.bengkaliskab.go.id/web/detailpengumuman/31/pengumuman-lomba-desain-logo-hari-jadi-ke506-bengkalis-tahun-2018)

Peserta juga diingatkan, agar logo yang dikirim hasil karya sendiri (tidak plagiat) dengan membuat surat pernyataan, belum/tidak pernah dipublikasikan sebelumnya, dan karya yang dikirim belum pernah menjadi pemenang dalam lomba-lomba yang lain.

Dalam lomba ini, panitia juga membuat beberapa ketentuan, seperti semua hasil karya yang masuk menjadi hak Panitia. Hasil kaya pemenang lomba menjadi hak Panitia.  Bagi Pernenang l, Il dan Ill untuk dapat memaparkan hasil karya di hadapan Tim Juri dan Panttia (waktu akan ditentukan kemudian).

Kemudian, keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat, panitia berhak untuk menyempurnakan desain logo hasil kaya dari pemenang lomba, dan karya yang boleh dikirim oleh peserta maksimal dua buah.

Untuk diketahui, pemenang lomba Desain Logo Hari Jadi Bengkalis tahun 2018, akan mendapatkan hadiah sebesar 3 juta, bagi peraih juara I, 2 juta peraih juara II dan 1 juta untuk peserta yang meraih juara III.(rls)