DURI (Riaulantang)- Warga di seputaran Jalan Tegal Sari Gang Pipit RT 01 RW 01 kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau dalam beberapa hari terakhir dihebohkan dengan penemuan pisang yang berbuah dua kali. Penemuan itu pertama kali diketahui Fauzi warga setempat yang melihat keanehan dari bekas tebasan batang pisang yang sudah diambil buahnya. Dari atas sisa tebasan pohon pisang itu, muncul buah pisang baru yang cukup mengagetkan.

“Awalnya tak percaya ada pisang yang berbuah dua kali. Tapi saat dilihat ternyata benar. Ada pisang yang berbuah dua kali,” jelas Fauzi kepada Riau Lantang.com, Minggu (11/02/18).

Dijelaskan Fauzi, posisi pohon pisang yang tertutup semak belukar membuat keganjilan itu tak nampak dari luar. Namun saat semak belukar tersebut disibak, baru terlihat keganjilan pohon pisang itu.

“Posisinya tertutup semak belukar di depan rumah. Saat dilihat ternyata ada 2 pohon yang tumbuh tunas baru dan langsung berbuah,” ujar Fauzi lagi.

Dijelaskannya, tidak ada daun yang tumbuh di atas tebasan bekas pohon batang itu. Yang muncul dari tengah tebasan itu hanya jantung dan buah yang baru.

“Tebasan pertama muncul jantung dan buah sekitar 10 hari lalu. Tebasan kedua muncul jantung dan buahnya sekitar 3 hari lalu,” ujarnya.

Dikatakannya, penemuan pisang berbuah dua kali ini sudah menyebar dari mulut ke mulut. Warga yang mendengar informasi itu langsung melihat ke lokasi.

“Posisinya dekat ke jalan. Makanya bisa langsung ke jalan,” ujar Fauzi. (susi)