BENGKALIS (Riaulantang) – Peringatan Hari Pramuka ke-57 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018, Sabtu, 18 Agustus 2018, berlangsung meriah.
Berbagai atraksi ditampilkan pada upacara yang diikuti tidak kurang 500 anggota Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis.

Pada upacara yang dilaksanakan di lapangan Tugu Bengkalis itu, bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Bupati Amril Mukminin.
Terlihat hadir upacara tersebut diantaranya Sekretaris Daerah H Bustami HY, Wakapolres Bengkalis Kompol Ade Zandra dan Pelaksana Tugas Kasdim 0303/Bengkalis yang juga Danramil 01/Bengkalis Mayor Irwan serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra.

Usai upacara resmi, dihadapan Bupati Amril yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwarcab 0404 Bengkalis, berbagai atraksi nan memukau ditampilkan. Diantaranya Beladiri A
Di Pondok Modern yang berada di Desa Pasiran, Kecamatan Bantan ini Beladiri A Boxer merupakan salah satu ektra yang diwajibkan untuk diikuti setiap santri.

Di bawah bimbingan ustadz Muspiandi dan ustadz Pujo Asmaran, motto yang mereka usung adalah “Dengan iman dan ahklak kita menjadi kuat, tanpa iman dan ahklak kita menjadi lemah”.

Adapun prestasi pernah mereka raih, diantaranya pemenang pada peringatan Milad Pondok Moderen Al Jauhar se-Provinsi Riau 2009.

Kemudian, Juara II Pekan Olahraga (Porda) 2011, Juara III kejuaraan nasional Tapak Suci di Malang, Jawa Timur tahun 2017. Di tahun yang sama, mereka juga keluar sebagai Juara Umum pada kejuaraan Tapak Suci se Provinsi Riau di Duri 2017.

Selain santri Pondok Modern Nurul Hidayah, Andam Dewi Marcing Band (ADMD) Pemkab Bengkalis, juga ikut memeriahkan peringatan Hari Pramuka ke-57 tingkat Kabupaten Bengkalis.

Pada tahun 2018 ini, yaitu 30 Agustus-2 September mendatang, marching band yang dibentuk tahun 1992 oleh Bupati Bengkalis kala itu, HM Azaly Djohan akan mengikuti kejuaraan Indonesia Drum Corp Championship (IDCC) Riau di Pekanbaru dengan tema “Al Qori’ah (Hari Kiamat)”.

Berbagai prestasi pernah diraih marching band yang pernah tampil di Istana Negara pada Parade Senja tahun 1994 dan pernah mengikuti berbagai kejuaraan tingkat regional maupun nasional.

Adapun prestasi ADMD dimaksud, seperti Juara Umum Full Band, Juara II Brass Ensamble, Juara II Drum Battle pada ajang Sumatra Open Marching Competion (SMOC) se-Sumatra tahun 2016.
Sebelum menyaksikan penampilan-penampilan tersebut, Bupati Amril terlebih dahulu menyerahkan penghargaan kepada Anggota Dewasa Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis. Baik itu yang diberikan Kwartir Daerah 04 Riau maupun dari Kwartir Nasional.(dwi)