BENGKALIS (Riaulantang)– Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Satya dan Darma Pramuka yang menjadi dasar pendidikan kepramukaan, harus benar-benar tertanam dalam hati setiap anggota Pramuka di Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis.

“Harus benar-benar menjadi pedoman dalam bersikap dan berprilaku. Sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan, gerakan Pramuka, tidak terkecuali di Kawrcab 0404 Bengkalis, harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal,” harap Bupati Amril, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Bupati Amril yang juga Ketua Majelis Pemimpin Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis mengatakan itu usai memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-57 tingkat Kabupaten Bengkalis.

Upacara yang diikuti tidak kurang dari 500 anggota Gerakan Pramuka Kwarcab 0404 Bengkalis dari berbagai tingkatan itu dilaksanakan di lapangan Tugu Bengkalis.

Selain sejumlah pejabat di Pemkab Bengkalis seperti Sekretaris Daerah H Bustami HY, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, sejumlah anggota Forkopimda juga terlihat hadir.

Anggota Forkompimda dimaksud, diantaranya Kapolres Bengkalis yang diwakili Wakapolres Kompol Ade Zamra dan Dandim 0303/Bengkalis yang diwakili Pelaksana Tugas Kasdim 0303/Bengkalis yang juga Danramil 01/Bengkalis Mayor Irwan.

Kemudian, imbuh Bupati Amril, sesuai tema Hari Pramuka ke-57, yakni ‘Pramuka Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia’, seluruh anggota Pramuka di daerah ini juga harus mampu menjadi garda terdepan dalam mempersatuan berbagai elemen masyarakat di daerah ini.

“Sebagaimana juga harapan bangsa ini terhadap Gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis juga harus dapat menjadi ‘rumah kita bersama’,” pesannya.

Selanjutnya, harap Bupati Amril lagi, Gerakan Pramuka di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini harus dan tetap konsisten dalam mendidik karakter kaum muda.

Sebelum itu, ketika membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Bupati Amril mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka. (rls)