PINGGIR (Riaulantang)-Tak ingin mengemis atau meminta-minta uang d jalan, Paijan (52) warga dusun III desa Muara Basung Kecamatan Pinggir,  penyandang tuna Daksa kehilangan kaki sebelah kiri mengharapkan bantuan dari dinas sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis. Paijan ingin mengembangkan usaha pembuatan mainan mobil-mobilan untuk anak-anak.

Ditemui di sela-sela gotong rotong pembuatan gubuknya oleh warga setempat, Kamis (26/04/18), Paijan mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan usaha pembuatan mobil-mobilan tersebut.

“Meskipun kaki kiri saya cacat tapi saya tidak mau meminta-minta kepada masyarakat. Dengan kepandaian yang saya miliki saya ingin membuka usaha pembuatan mobil-mobilan anak-anak. Itu nantinya bisa dijual untuk kebutuhan hidup saya,” jelas sembari mengucapkan terimakasih kepada warga yang sudah gotong rotong membangunkan gubuknya.

Dikatakannya, beberapa tahun lalu dinas sosial pernah datang dan dia sempat mengajukan permohonan bantuan. Tapi sampai saat ini bantuan yang diharapkan tak kunjung datang.

“Harapan saya perhatian dan bantuan dari dinas sosial, agar saya bisa buka usaha,” harapnya.

Sementara itu, sejumlah warga dusun III tengah bergotong royong membangun sebuah gubuk untuk Paijan(52). Warga yang prihatin dengan nasibnya membantu Paijan membangun gubuk baru karena gubuk lamanya dibongkar lantaran lahannya dibangun si pemilik.

“Kami gotong royong membangun gubuk untuk Paijan. Sebelumnya gubuk Paijan berdiri di dekat simpang Kampung Baru diatas lahan orang lain. Karena lahan itu mau dibangun pemiliknya akhirnya dibongkar. Secara gotong royong kita bangun kembali gubuknya didaerah dusun III ini,” jelas Udin warga setempat.

Disampaikannya meskipun Paijan mengalami cacat pada kakinya tapi dia  tidak ingin meminta-minta kepada masyarakat lain. Bahkan Paijan kerap mengeluti usaha pembuatan mobil-mobilan mainan anak-anak yang hasilnya untuk mencukupi kebutuhan hidup.

“Kami salut dengan Paijan. Kami harap Dinas Sosial Bengkalis bisa memberikan bantuan bagi Paijan warga kami ini,” harapnya. (gun)