BENGKALIS (Riaulantang) – Bupati Bengkalis Amril Mukminin berpesan kepada masyarakat, umat Islam yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, agar hati dan tidak membawa barang berlebihan mencolok.

“Sudah menjadi tradisi masyarakat kita, setiap merayakan Hari Raya Idul Fitri, pulang ke kampung halaman. Selama dalam perjalanan, hendaknya memperhatikan keselamatan diri maupun kendaraannya. Kemudian jangan membawa barang berlebihan, apalagi perhiasannya mencolok,” tandas Amril Mukminin, Senin (19/6/2017).

Menurut estimasi, dengan ditetapkannya Jum’at (23/6/2017) puncak mudik warga dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini mulai akan terjadi pada Kamis (23/7/2017) hingga Sabtu (24/7/2017) mendatang.

Amril juga berpesan agar pemudik tidak menerima makanan atau minuman pemberian dari orang yang tak dikenal. Karena bisa jadi pemberian itu hanya trik tindakan kejahatan.

“Kemudian, pada saat di terminal jangan sendirian di tempat sepi. Carilah tempat yang ramai untuk menghindari tindak kejahatan”, pesan Amril, Senin (19/6/2017).

Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi atau rental, imbuhnya, sebelum berangkat agar memeriksa kembali kondisi kendaraan, seperti ban, rem, kemudi dan bagian lainya. Segera ganti atau perbaiki bagian-bagian yang mengalami kerusakan, sehingga tidak membahayakan saat dikendarai jarak jauh.

“Lengkapi surat-surat sebelum berangkat. Istirahatlah apabila lelah dan mengantuk di tempat aman dan ramai. Waspada dan hati-hati dalam mengemudikan kendaraan, karena arus lalu lintas di saat mudik sangat padat”, imbuhnya.

Bagi warganya yang mudik dengan sepeda motor, dia menambahkan, agar tidak membawa barang berlebihan. Secukupnya saja, karena apabila banyak akan mengganggu perjalanan.

“Jangan lupa gunakan helm standar dan jacket. Jangan membawa anak kecil. Berbahaya”, pesannya lagi, seraya mendo’akan warganya yang mudik lebaran, selamat dalam perjalan pergi maupun pulang.

Kepada warganya yang saat mudik rumahnya tidak ada yang menunggunya, harapnya, jangan lupa memberi tahu tetangga. Tinggalkan nomor HP dan telepon rumah di tempat mudik pada tetangga yang tidak mudik atau ke ketua RT.

“Sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa dihubungi dengan cepat”, ujarnya seraya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H serta mohon maaf lahir dan bathin kepada warganya yang mudik.(rls)