Alutsista TNI yang dipamerkan di Halaman Gedung LAMR Mandau

DURI (Riaulantang)- Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI sempena penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 0303/Bengkalis yang dipusatkan di stadion mini Pokok Jengkol di minati warga. Sejak pameran dibuka Selasa siang (07/08/18) tadi, silih berganti warga mendatangi lokasi pameran yang diadakan di halaman gedung LAMR Mandau itu.

Ada yang ingin tahu dengan lebih banyak mengenai Alutsista dengan bertanya ke prajurit yang bertugas. Ada pula yang hanya sekedar poto selfi TNI dengan persenjataan TNI itu.

Pantauan di lapangan ada tiga Matra TNI yang ambil bagian dalam pameran itu, ditambah brimob. Seperti TNI angkatan Laut Dumai yang memamerkan kapal cepat sea rider yang mempunyai jarak tempuh 30 knot/jam. Juga dipamerkan senjata otomatis BAG dengan jarak tembak hingga 1 km hingga alat-alat penyelaman TNI.

Tak kalah di minati juga panser Tarantula Kavalari 6 RBT dari Pekanbaru. Panser yang berisi Driver, penembak dan komandan kendaraan ini memiliki 8 pelontar Granat. Empat disisi Kanan dan Empat disisi Kiri. Bisa melaju dengan kecepatan 100 km/jam.
Tidak hanya berjalan didarat saja, Panser ini bisa mengarungi medan yang berisi air, dengan catatan setengah dari badan Panser ini yang digenangi air.

Den Arhanud Rudal 004 Dumai juga ambil bagian memamerkan 1 unit V AMC yang dilengkap startreek multimision system. Peluru kendali yang dimilili Arhanud Dumai ini merupakan peluru kendali pertama yang mengunakan teknologi startreek di Indonesia.
Peluru kendali startreek ini berkecepatan lesat sekitar mach 4 alias 4 kali kecepatan suara (4.400 km/jam). Jauh diatas kecepatan tertinggi pesawat temputr yang sekitar 2 mach.

Sementara itu dari Brimob memamerkan berbagai senjata yang dibanggakannya.

“Dengan pameran ini kita harap warga Duri lebih dekat mengenal Alutsista TNI. Warga yang selama ini hanya melihat alutsista dari TV hari ini bisa melihat langsung di sini. Mari gunakan kesempatan ini. Meriahkan penutupan TMMD Kodim Bengkalis yang ke 102 ini,” himbau Dandim Bengkalis, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol (Inf) Timmy Prasetya Harmianto. (bambang)