BENGKALIS (Riaulantang) – Ini informasi penting buat Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kades Serentak Gelombang I tahun 2017-2021 se-Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan Selasa (11/7/2017) lalu dan keterpilihannya sudah ditetapkan.

Terkhusus bagi Kades terpilih yang hingga saat ini belum memiliki pakaian dinas upacara (PDU) lengkap, untuk segera mempersiapkannya. Karena saat pelantikan PDU tersebut meski dikenakan.

Pasalnya, mulai Senin (28/8/2017), mereka akan diambil sumpah dan dilantik menjadi Kades oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

“Pelantik Kades tersebut tidak dipusatkan di satu tempat. Di bagi 4 rayon. Ada 4 titik yang bakal dijadikan tempat acara pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut,” jelas H Ismail, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Ismail mengatakan itu dalam rapat persiapan yang dipimpin Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan yang juga ketua pelaksana Pilkades serentak tingkat Kabupaten Hj Umi Kalsum, di ruang rapat jalan Pertanian Senggoro, Rabu (23/8/2017) pagi.

Tempat pertama di lapangan Tugu Bengkalis pada Senin (28/7/2017) pagi. Di lapangan yang juga alun-alun kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, dijadikan tempat pelantikan 39 Kades terpilih dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Ke-39 desa itu untuk Bengkalis adalah Sungai Alam, Penampi, Pedekik, Pangkalan Batang, Pematang Duku, Sekodi, Senggoro, Kelemantan, Meskom, Kuala Alam, Kelebuk, Palkun, Sungai Batang, Prapat Tunggal, Simpang Ayam, Senderak, Kelemantan Barat, Damai, Pangkalan Batang Barat, dan Pematang Duku Timur.

Sementara untuk Bantang yaitu, Jangkang, Bantan Air, Teluk Pambang, Bantan Tua, Bantan Tengah, Resam Lapis, Berancah, Ulu Pulau, Mentayan, Pambang Pesisir, Suka Maju, Pambang Baru, Kembung Baru, Pasiran, Muntai Barat, Bantan Sari, Bantan Timur, Teluk Papal dan Deluk.

“Untuk Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana, pelantikan dilakukan Selasa (29/8/2017) di halaman kantor camat Bukit Batu. Ada 21 Kades terpilih yang akan dilantik,” imbuh Ismail.

Ke-21 Kades dimaksud adalah Lubuk Muda, Tanjung Belit, Sumber Jaya, Tanjung Damai, Sungai Linau, Sadar Jaya, Muara Dua, Lubuk Garam, Tanjung Datuk, Liang Banir, Koto Raja dan Sungai Nibung (Siak Kecil), Buruk Bakul, Sungai Selari, Sukajadi, Dompas, dan Batang Duku (Bukit Batu), serta Parit I Api-Api, Api-Api dan Sepahat (Bandar Laksamana).

“Sedangkan untuk Rupat dan Rupat Utara dipusatkan di halaman kantor Camat Rupat di Tanjung Medang pada Rabu (30/8/2017),” jelas Ismail.

Ada 11 desa yang bakal dilantik di Tanjung Medang ini, yaitu Sukarjo Mesim, Makeruh, Hutan Panjang, Darul Aman, Sri Tanjung, Pancur Jaya, Pangkalan Pinang dan Dungun Baru (Rupat), serta Teluk Rhu, Hutan Ayu dan Puteri Sembilan (Rupat Utara).

Sedangkan tempat terakhir yang pelaksanaannya Kamis (31/8/2017) adalah halaman gedung Lembaga Adat Melayu (LAMR) Riau Kecamatan Mandau di Kawasan Pokok Jengkol, Kelurahan Batang Serosa, Jalan Hantuah, Duri.

Di halaman gedung LAM Riau Mandau ini ada 22 Kades terpilih yang bakal dilantik, yaitu Bathin Betuah (Mandau), serta Beringin, Koto Pait Beringin, Tasik Tebing Serai, Serai Wangi dan Tasik Serai Barat (Talang Muandau).

Kemudian, Simpang Padang, Pematang Obo, Air Kulim, Buluh Manis, Petani, Boncah Mahang, Pamesi, Bathin Sobanga, Sebangar dan Tambusai Batang Dui (Bathin Solapan), serta Balai Pungut, Semunai, Tengganau, Sungai Meranti, Pangkalan Libut dan Buluh Apo.

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Wahyudin menjelaskan, pelantikan di masing-masing rayon dimulai pukul 09.00 WIB. Sedangkan gladi bersihnya sehari sebelum itu, pada pukul 15.00 WIB.

“Seluruh Kades terpilih yang akan dilantik wajib mengikuti gladi bersih. Baik saat gladi bersih maupun pelantik harus datang tepat waktu,” ujar Wahyudin.

Kata Wahyudin, saat pelantikan, para Kades yang akan dilantik dating bersama istri. Begitu juga Kades dan Pj Kades, baik yang melaksanakan Pilkades maupun yang tidak menggelar Pilkades, juga datang dengan istri.(hms)