BENGKALIS (Riaulantang)- Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY membuka pawai budaya sempena Hari Jadi Bengkalis Ke-506, Selasa (31/07), di Lapangan Tugu Bengkalis.

Pelepasan pawai ditandai dengan pemotongan balon oleh Bustami didampingi Wakil Ketua DRPD Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan Eet, Kapores Bengkalis Yusuf Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetyo Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, Ketua Kejaksaan Negeri Bengkalis Heru Winoto , Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra dan Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Bengkalis H Zainuddin Yusuf.

Bustami mengatakan pawai budaya merupakan representasi dari kearifan lokal, dimana budaya lokal yaitu budaya melayu dan suku-suku lainnya yang ada di negeri junjungan adalah anugerah, sehingga patut untuk terus dihargai dan dilestarikan.

“Dengan adanya kerukunan antar paguyuban dapat mempertautkan simpul-simpul kebinekaan menjadi kekuatan yang harmonis serta memberikan rasa damai, tentram, dan nyaman bagi seluruh masyarakat dari berbagai paguyuban di negeri junjungan,” Kata Bustami.

Adapun rute pawai dari jalan Jenderal Sudirman menuju jalan Cokro Aminoto, kemudian melewati jalan Hangtuah, Sultan Syarif Kasim dan kembali ke jalan Jenderal Sudirman, serta berakhir di tempat pelepasan di lapangan Tugu Bengkalis.

Antusias warga menyaksikan pawai tersebut bukan saja di tempat pelepasan, tetapi dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang memadati ruas jalan yang dilalui peserta pawai. Meskipun saat pawai berlangsung cuaca sedikit gerimis, namun hal itu tak menyurutkan niat peserta pawai untuk tetap menyemarakkan Hari Jadi Bengkalis ke-506. Begitu juga masyakat yang ingin menyaksikan secara langsung arak-arakan pawai budaya tersebut.

Peserta pawai budaya terdiri dari berbagai paguyuban yang ada di negeri junjungan Bengkalis, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, Perwakilan TK, SD, SMP dan SMA.(rls)