BENGKALIS (Riaulantang) – Setelah sembilan hari dan melaksanakan Arbain selama berada di kota Madinah, Arab Saudi, jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 04 Embarkasi Batam, Selasa 31 Juli 2018 sekitar pukul 06.30 Waktu Arab Saudi (WAS) bertolak ke tanah suci Mekkah.

“Alhamdulillah, secara keseluruhan jamaah dalam kondisi sehat wal afiat. Memang ada beberapa jamaah yang flu dan batuk. Tapi masih bisa melaksanakan ibadah,” ungkap Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Zulfikar via layanan WhatApps, Selasa 31 Juli 2018.

JCH Kabupaten Bengkalis merupakan jamaah asal Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau, berjumlah 231 orang, bersama JCH asal Kabupaten Indragiri Hulu yang berjumlah 210 orang, Natuna dan Lingga 7 orang.

Sementara itu, JCH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam kloter 8 embarkasi haji Batam, dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Bandar Laksamana, Rupat dan Rupat Utara, saat ini masih berada di Madinah. Selama di Madinah, JCH yang berjumlah sebanyak 194 orang, mengerjakan Arbain selama 8 atau 9 hari di Masjid Nabawi.
JCH kloter 08, terdapat 1 jamaah asal Kecamatan Bukit Batu yang sedang dirawat, karena mengalami demam. Namun secara keseluruhan, kondisi jamaah kloter 08 dalam kondisi sehat.

“Memang ada satu jamaah yang tengah dirawat, karena demam,” ungkap Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) dr. Febria Arma.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, JCH tersebut tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 08 Embarkasi Batam berasal dari Kecamatan Bengkalis (77 orang), Bantan (60 orang), Bukit Batu dan Bandar Laksamana (24 orang), Siak Kecil (22 orang) dan Rupat (13 orang).

Berdasarkan informasi, saat ini cuaca di Arab Saudi dalam keadaan panas mencapai 41 derajat celcius. Akibat jamaah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk, para jamaah dianjurkan untuk memperbanyak minum dan memakan buah-buahan.(rls)