DURI (Riaulantang)- Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau merupakan Kelurahan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak dan daerah administrasi terluas di Mandau. Saat ini  kelurahan “tergemuk” di Mandau itu memiliki jumlah penduduk 62.192 jiwa yang berada di bawah naungan 124 RT dan 23 RW. Wajar jika kemudian wanana memekarkan kelurahan terpadat ini dicuatkan kembali oleh warga.

“Dulu katanya mau dimekarkan, tapi sampai sekarang pemekarannya masih belum terealisasi. Padahal dari segi jumlah penduduk dan luas wilayah sangat layak di mekarkan,” jelas Mustafa warga Air Jamban Duri.

Terkait wacana pemekaran yang sudah lama di dengungkan ini, Lurah Air Jamban, Ruslan ketika dihubungi Riau Lantang.com, Kamis (30/11/17) menjelaskan bahwa wacana pemekaran kelurahan yang dipimpinnya itu sudah lama di dengungkan. Malah nama kelurahan yang bakal dimekarkan sudah pula dicuatkan warga.

“Wacananya dimekarkan menjadi tiga

 1 kelurahan induk dan 2 kelurahan pemekaran,” ujarnya.

Dijelaskan Ruslan, nama untuk 2 kelurahan pemekaran itu pun sudah diusullan tokoh masyarakat setempat. Masing-masing kelurahan Joneh Panjang dan kelurahan Kepayang Tumbang.

“Wilayah kelurahan nanti dibagi tiga juga. Kelurahan Induk meliputi kantor kelurahan yang sekarang, kelurahan Kepayang Tumbang areal seberang Hang Tuah dan Joneh Panjang areal Kantor Camat,” jelasnya. (susi)