BENGKALIS (Riaulantang) – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) menggelar permainan rakyat sempena memeriahkan Hari Jadi ke-506 Bengkalis.
Permainan rakyat yang memperlombakan layang-layang, engrang dan gasing ini dilangsungkan di lapangan pasir Andam Dewi Bengkalis, Ahad, 29 Juli 2018.
Peserta permainan rakyat ini meliputi pelajar se-kota Bengkalis dan masyarakat umum.
Tak hanya ratusan peserta, masyarakat juga tampak antusias menyaksikan berbagai permainan rakyat meski cuaca mendung.
Kegiatan ini dibuka Bupati Bengkalis diwakili Kepala Disparbudpora Bengkalis H Anharizal pukul 09.45 WIB dan akan berlangsung hingga sore hari.
Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis yang dibacakan Anharizal berharap, kegiatan ini menjadi media dalam membangun animo masyarakat, khususnya generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai yang tersirat dan tersurat dari berbagai permainan rakyat.
“Permainan rakyat ini sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas. Lebih-lebih sekarang ini berbagai permainan pabrikan dari luar negeri kian menjamur, cara menangkisnya ya dengan melestarikan  permainan tradisional yang merupakan ciri khas bangsa kita,” terangnya.
Para pemenang akan membawa pulang hadiah, untuk lomba layang-layang juara I piala dan uang tunai 3 Juta, Juara II piala dan uang tunai 2 juta, juara III piala dan uang tunai 1 juta.
Sedangkan pemenang lomba gasing juara I piala dan uang tunai Rp.500.000, juara II piala dan uang tunai Rp.400.000, juara III piala dan uang tunai Rp. 300.000.
Sementara juara lomba engrang mendapat piala dan uang tunai 1 juta, juara II piala dan uang tunai Rp.800.000 juara III piala dan uang tunai Rp.600.000 serta harapan I mendapat piala dan uang tunai Rp.400.000.(rls)