UJUNGTANJUNG (Riaulantang)-  Pengadilan Negeri Rokan Hilir (PN Rohil) terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada para pencari keadilan. 

“Upaya untuk mencapai visi dan misi itu, PN Rohil mulai dari pegawai staf, hakim, pegawai honorer, hingga pegawai kebersihan dalam rangka penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) oleh pihak Mahkamah Agung (MA) berkomitmen untuk memberikan pelayanan sesuai standarisasi yang sudah ditentukan oleh institusi Mahkamah Agung (MA),” ujar Ketua PN Rohil Aswir SH, melalui Humas PN Rohil Rudy Ananta Wijaya SH MH Li, kepada Wartawan Kamis (19/10).

Rudy sapaan akrab menjelaskan, pembenahan itu terutama dalam pelayanan penanganan admistrasi perkara pidana dan perdata serta fasilitas umum lainnya seperti tersedianya ruang sidang anak, ruang mediasi, ruang titipan bagi anak dibawah umur yang terpisah dan tersedianya alat bantu bagi pelaku disabelitas serta akses informasi kepada publik yang setiap saat dapat di akses oleh masyarakat melalui jaringan internet yang sudah ada.

Terkait penyelesaian penanganan perkara di PN Rohil, Rudy yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PN Rohil sekaligus Humas PN Rohil ini  mengatakan, sebelumnya PN Rohil hanya mampu menangani penyelesaian perkara 10 persen saja, dengan kerja keras dan komitmen bersama, saat ini meningkat sudah menjadi 56, 2 persen. “Ini adalah hasil kerjasama yang baik dan komitmen dari seluruh staf, hakim, pegawai  yang ada di PN Rohil dalam pelayanan kepada publik, dengan Motto  ” Cermat ” (Cerdas, Efektif, Ramah, Melayani, Akuntabel, Transparan), ” terang Rudi.Rudy meminta kepada media untuk terus memberikan masukan dan kritik yang positif dalam meningkatkan pelayanan kepada publik. “Kami siap menerima kritikan untuk membangun. Kami harap sekarang sistimnya sudah transparasi dan terintregrasi sehingga tidak ada lagi yang merugikan masyarakat,” pungkasnya. (Arm).