BENGKALIS (Riaulantang)— Setelah dididik dan dilatih kurang lebih tiga minggu lamanya, Selasa (15/8/2017) malam, 75 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Kabupaten Bengkalis, secara resmi dikukuhkan Bupati Amril Mukminin.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Tugu, Bengkalis, turut dihadiri Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno dan Ketua Pengadilan Agama M Taufik.

Kemudian, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto, Plt Asisisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunn H Heri Indra Putra, Kepala Disbudparpora H Eduar Daud, Kepala Bapenda H Umran, Ketua Majelis Ulama Indonesia Bengkalis H Amrizal, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, serta tamu undangan lainnya.

Tampak juga orang tua beserta keluarga ke-75 anggota  Paskibra yang dikukuhkan yang duduk di tenda sebelah kanan podium pengukuhan.

Secara simbolis pengukuhan bagi siswa-siswi terbaik dari berbagai sekolah lanjutan tingkat atas di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, ditandai dengan pemasangan kendit oleh Bupati Amril.

Perwakilan anggota  Paskibra yang mendapat kehormatan kenditnya dipasangkan langsung Bupati Amril adalah Razuin Hanafi dari Kecamatan Rupat.

Namun sebelum itu, dengan dipandu Bupati Amril, seluruh anggota Paskibra yang dikukuhkan mengucapkan Janji Anggota Paskribraka, Ikrar Pemuda Indonesia.

Isi dari ikrar sendiri adalah janji untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka juga berjanji memegang teguh serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa. Setia kepada Pancasila

Selanjutnya dalam kondisi gelap tanpa penerangan dilakukan proses cium bendera Merah Putih oleh setiap Paskibra yang diiringi sejumlah lagu wajib nasional seperti Gugur Bunga, Syukur, dan Indonesia Pusaka.

Acara pengukuhan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahulu dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Saat berita ini dipublikasi, acara pemberian ucapan selamat baru saja dimulai.(hms)