BERINGIN (Riaulantang)– Masyarakat 9 desa di Talang Muandau, Senin (4/9/2017) menggelar syukuran. Kenduri yang dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan istri Kasmarni itu, sengaja ditaja sebagai ungkapan syukur atas terbentuknya kecamatan tersebut.

Bupati Amril berharap, syukuran yang dihadiri sekitar 1.000 warga tersebut, benar-benar dijadikan warga Talang Muandau, sebagai momentum untuk kian sehati, selangka seirama, searah setujuan.

“Momentum untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan gotong royong, memperkuat persatuan dan kesatuan, serta sama-sama dijadikan cambuk, untuk mempercepat keberhasilan pembangunan di kecamatan ini,” harapnya.

Karena menurut Bupati Amril, dengan terbentuk Talang Muandau sebagai salah satu kecamatan, maka persaingan untuk menjadi kecamatan yang terbaik di Kabupaten Bengkalis, bukan saja antara Talang Muandau dengan dua kecamatan yang sama-sama baru terbentuk (Bandar Laksamana dan Bathin Solapan).

“Tetapi juga dengan 8 kecamatan lainnya. Termasuk dengan Pinggir sebagai kecamatan induk,” paparnya pada acara yang dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Beringin, di belakang kantor camat Talang Muandau.

Namun begitu, mantan Kades Muara Basung, Pinggir ini kami optimis, bukan sesuatu yang mustahil, jika ke depan Talang Maundau ini menjadi terdepan, dapat mengungguli 10 kecamatan lainnya.

“Tentunya bila seluruh warganya mau menjadikan kebhinekaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan. Senantiasa bersatu padu dalam kebhinnekaan, mau menjadikan berbagai perbedaan sebagai warna-warni indahnya pelangi,”  

Di bagian lain, Bupati Amril mendoakan, semoga Kecamatan Talang Muandau, senantiasa dalam cucuran nikmat dan rahmat-Nya. Dapat mendukung percepatan terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis 2016-2021.

“Serta berkontribusi bagi keberhasilan pembangunan di Provinsi Riau dan nawacita pembangunan nasional,” ujarnya.

Memang, dengan terbentuknya 3 kecamatan baru itu, jumlah kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini ada 11. Adapun 8 kecamatan lainnya adalah Bantan, Bengkalis, Bukit Batu, Mandau, Pinggir, Rupat, Rupat Utara dan Siak Kecil.

Bersama Bandar Laksamana dan Bathin Solapan, Talang Muandau sebagai kecamatan diresmikan Kamis, 9 Februari 2017.

Peresmian ketiga kecamatan itu ditandai dengan penandatanganan prasasti masing-masing kecamatan oleh Menteri Dalam Negeri diwakili Rizari. Rizari adalah Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, Dan Kerjasama Direktorat Jenderal Administrasi Bina Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Artinya, sejak diresmikan pembentukannya sampai dengan ditajanya syukuran hari ini, usia Talang Mandau baru 6 bulan kurang 5 hari.

Acara syukuran itu ditandai pembukaan papan selubung kantor Camat Talang Muandau oleh Bupati Bengkalis didampingi istri Kasmarni, Camat Talang Muandau Toharuddin serta sejumlah anggota DPRD Bengkalis Dapil Pinggir, seperti Adihan.(hms)