DURI (Riaulantang)– Buah dari tekat yang kuat, semangat dan fokus mengejar cita-cita menjadikan seorang Aji Kusuma menjadi pemain bola asal Duri-Riau perdana yang membela Timnas Indonesia U-19.

Ya Aji Kusuma atau biasa disapa Aji adalah putra Riau, kelahiran Duri, 30 Januari 1999 lalu. Anak dari pasangan Muzni Zurianto dan Neneng Kusmini ini merupakan si bungsu dari  Aji  dari empat bersaudara. Dia  lahir dan besar dari keluarga sederhana yang tinggal di BTN Jalan Stadion, Kelurahan Air Jamban, Duri.

Kecintaan Aji bermain sepakbola sudah dimulai sejak dia duduk dibangku Sekolah Dasar (SD). Awalnya dia  masuk dalam Sekolah Sepak Bola (SSB) Anak Negeri, namun akhirnya pindah ke SSB Duri Galaxy. Di SSB Duri  Galaxy inilah  Aji makin mantap mendapatkan gemblengan dan teknik bermain Sepakbola.

Selebrasi Aji Kusuma saat berhasil menciptakan Klubnya, Bali United
Selebrasi Aji Kusuma saat berhasil menciptakan Klubnya, Bali United

Prestasinya mulai terlihat dan  terbukti saat mengikuti sejumlah kompetisi baik antar kabupaten dan antar kota membela SSB Duri Galaxy yang membesarkannya.

Pada tahun 2016, Aji Kusuma membela Tim Pandawa Lima FC pada gelaran Turnamen Soeratin Cup. Dari turnamen Soeratin inilah Akademy Tiganaga mencium talenta berbakat dari sang pemain. Akhirnya berselang beberapa waktu Aji Kusuma dipinang oleh Akademi tersebut.

Baca Juga:  Lepas Atlet Porprov, Berikut 7 Pesan Bupati Amril

Di Akademy Tiganaga inilah Aji dipoles dan dibimbing untuk menjadi pemain bola profesional. Seperti yang diketahui Akademy yang bermarkas di Pekanbaru ini memiliki fasilitas dan pelatih-pelatih berkelas yang sangat menunjang pemain untuk mengasah talenta mereka.

Awal karir dimulai pada tahun 2017, Aji Kusuma berseragam PS-TNI U-19 untuk mengarungi kompetisi Nasional, Liga 1 U-19 Gojek Traveloka. Aji mampu tampil hebat bersama PS-TNI U-19 namun sayang gagal membawa PS-TNI U19 lanjut pada babak Delapan Besar Liga 1 U-19 2017.

Namun pada Bursa transfer pemain pertengahan kompetisi, Bali United U-19 berhasil mendaratkan Aji Kusuma untuk membela Bali United U-19 dalam babak 8 besar Liga 1 U-19. Bali United U-19 memiliki target untuk menjadi juara, namun sayang hanya mampu merengkuh Juara ketiga pada gelaran Liga 1 U-19 kali ini.

Meskipun gagal mengangkat Piala pada ajang bergengsi ini, namun ada prestasi tersendiri buat Aji Kusuma. Aji dinobatkan menjadi Striker terbaik pada turnamen Liga 1 U-19 2017. Berkat Kualitas permainannya yang makin matang, membuat Aji dipanggil untuk bergabung Tim Nasional U- 19.

Mimpi bukan hanya sekedar mimpi, tekat yang kuat serta diiringi dengan doa, akhirnya Aji mampu berseragam timnas Indonesia U-19 untuk berhadapan macan Asia, Timnas Jepang U-19.

Baca Juga:  Sport Time: Gagal Finis 3 Besar, Ini 5 Podium Terakhir Valentino Rossi di Sirkuit Mugello

Seperti yang diketahui, agenda Timnas Jepang ke Indonesia adalah melakukan uji coba melawan Timnas dan 2 Klub profesional Indonesia (Cilegon United dan Persika Karawang FC). Pada pertandingan pertama timnas Jepang melibas Cilegon United dengan Skor 5-0, setelah 3 hari berselang giliran Timnas Indonesia menjajal kekuatan timnas Jepang.

Dipertandingan inilah nama Aji Mencuat kepublik. Laga ini merupakan laga debut perdana Aji berseragam Tim Nasional Indonesia, Aji masuk pada menit ke 75  dan berhasil melesatkan Goal untuk Indonesia, Skor 4-1 untuk kemenangan Timnas Jepang.

Aji Kusuma saat membela Persika Karawang melawan Timnas Jepang U-19
Aji Kusuma saat membela Persika Karawang melawan Timnas Jepang U-19

Tak habis disitu, Aji Kusuma berhasil kembali menjebol gawang Jepang, kali ini Aji mencetak goal kembali saat membela Klub proffesional pertamanya, Persika Karawang FC. Skor berkesudahan 2-3 untuk kemenangan Timnas Jepang.

Dengan prestasi yang ditorehkan Aji ini, menjadi lecutan semangat bagi para pesebakbolaan yang ada di negeri ini. Bahwa semangat dan bakat luar biasa bisa tumbuh dan berkembang, meski lahir di kota kecil Duri yang hanya berstatus ibukota Kecamatan ini.  (redaksi)