DURI (Riaulantang) – Selama 12 tahun lebih berkiprah mengelola zakat umat secara amanah dan profesional, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ibadurrahman, Duri telah menyalurkan beasiswa untuk ribuan pelajar di Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau. LAZ Ibadurrahman juga menyerahkan bantuan bernilai total Rp 480 juta per tahun untuk 200 warga lanjut usia dan kurang mampu.

Hal itu dikatakan Direktur LAZ Ibadurrahman Duri, HM Ihsan SSos pada Riaulantang.com di Duri, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, dalam upaya ikut memajukan pendidikan masyarakat khususnya pelajar dari keluarga dhuafa, LAZ Ibadurrahman telah meluncurkan sejumlah program Beasiswa Cemerlang LAZ Ibadurrahman. Diantaranya, beasiswa tahfizh full gratis selama dua tahun untuk 20 orang tamatan SMA penghafal Al Quran.

Juga ada beasiswa excellent full gratis selama tiga tahun di SMP Ibadurrahman Duri Boarding School (IDBS). Persyaratan minimal calon penerima beasiswa ini adalah hafal satu juz Al Qur’an. “Pendaftaran calon penerima beasiswa excellent ini masih dibuka sampai 15 Februari 2018,” kata Ihsan.

 Diluar itu, lanjutnya, masih ada lagi beasiswa reguler untuk siswa SMP dan SMA. Persyaratannya, calon penerima harus hafal surah Ad-Dhuha sampai surah An-Naas.

Penyerahan Beasiswa Cemerlang periode 12 tahun 2018/2019 telah dilaksanakan pada Jumat (19/1) lalu di Rumah Dhuafa LAZ Ibadurrahman Jalan Mawar Nomor 5 Duri. Sementara penyerahan simbolis bantuan untuk warga lanjut usia berlangsung di tempat sama, Rabu (24/1).

Kepedulian LAZ lewat program beasiswa tersebut sangat menggembirakan siswa penerima. “Alhamdulillah. Dengan adanya beasiswa ini, saya dapat meringankan beban orang tua saya untuk biaya pendidikan. Saya sangat bahagia sekali karena saya bisa sekolah gratis,” ucap Riska, siswa SMKS 1 Perbankan Duri.

Ucapan senada juga disampaikan Sigit, penerima beasiswa dari MA Yasmi’, Duri. “Saya sangat berterima kasih sekali kepada LAZ Ibadurrahman. Kini, saya lebih semangat untuk sekolah karena buku dan biayanya sudah gratis berkat beasiswa dari LAZ Ibadurrahman,” ucap Sigit.

Masih menurut Ihsan, selain menyalurkan biaya pendidikan untuk ribuan pelajar, LAZ Ibadurrahman juga membantu ratusan warga lanjut usia alias jompo yang tak bisa lagi bekerja mencari nafkah.

“Bantuan tersebut kita salurkan secara rutin setiap bulan untuk 200 orang warga lanjut usia. Nilai totalnya Rp 480 juta per tahun. Penerima juga dimotivasi untuk tetap mempunyai harapan dan tidak putus asa dalam menjalani kehidupan,” tutur Ihsan.(susi)