BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar gerak jalan sehat sadar pemilu 2018-2019 di pusatkan di Halaman Kantor BKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi,Minggu (29/10/2017) Pagi sekira pukul 08.00 WIB.

Ketua KPUD Rohil Agus Salim dalam sambutanya mengatakan kegiatan gerak jalan santai sadar pemilu digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara langsung merupakan perwujudan demokrasi ditingkat lokal, ruang kontestasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya dengan harapan terpilihnya pimpinan daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, integritas dan akseptabilitas.

“Era otonomi daerah membutuhkan pimpinan yang tidak saja memiliki kreativitas dan inovasi dalam membangun daerah, tetapi harus mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyat,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pendidikan kepada masyarakat dalam rangka menyegarkan kembali ingatan masyarakat akan Pemilihan Gubernur (Pilgubri) pada tanggal 27 Juni 2018, dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Bupati Rokan Hilir H Suyatno dalam sambutanya mengatakan, seperti yang disampaikan oleh Ketua KPU bahwa pada hari ini, Minggu tanggal 29 Oktober 2017 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia tentang sadar pemilu.

Untuk itu, tidak lama lagi khususnya di Provinsi Riau akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah, seperti Gubernur dan Wakil Gubernur 2018, dan dilanjutkan dengan pemilihan Legislatif, dan terakhir pemilihan Presiden pada 2019.

Pada tahap awal tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir untuk memberikan hak politiknya di masing-masing TPS yang telah disediakan oleh panitia Pemilu. Karena masyarakat memilik hak politik.

“Mudah-mudahan selama berlangsungnya kegiatan ini, yaitu gerak jalan sehat sadar pemilu, diharapkan kepada seluruh peserta agar tetap mengutamakan keselamatan dan ketertiban,” pesan Suyatno.

Jalan santai sadar pemilu yang digelar melibatkan ratusan peserta seperti perwakilan partai politik, organisasi kepemudaan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), lembaga pemerintahan, media massa, seluruh stakeholder, dan masyarakat umum. 

Rute diawali dari Jalan Merdeka, Jalan Pahlawan, Jalan Masjid, Jalan Riau, Jalan Perdagangan, berakhir di Jalan Merdeka. Pelepasan peserta dilakukan secara langsung oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Ketua KPUD Rohil Agus Salim beserta jajaran, dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil.

Untuk menambah semarak dan semangat para peserta gerak jalan sadar Pemilu , panitia acara juga membagikan kaos gratis, snack, hiburan, serta menyiapkan sejumlah hadiah, atau doorprize guna menarik perhatian dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan gerak Jalan sadar pemilu yang ditajah oleh KPU Rohil. (Arm).