PEKANBARU (RIAU Lantang) – Dua kubu pasangan calon presiden (capres)dan wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-Makruf Amien (01) dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (02) sama-sama optimis bakal mampu meraup suara diatas 50 persen di Bumi Lancang Kuning Riau.

Melihat kalkulasi pemilih di perkotaan di Riau seperti Pekanbaru, Dumai, Duri, Bangkinang, Indragiri Hilir, kadang kecenderungan pasangan 02 meraup suara signifikan. Akan tetap dipelosok Riau seperti di daerah luar kota di kawasan perkebunan atau wilayah “wong cilik” suara Jokowi-Makruf bisa melejit, karena basis mereka ada di kawasan luar kota.

Untuk daerah perkebunan seperti luar kota Bengkalis, Siak,Inhil, Kampar, Kuansing, Pelalawan dan Inhu diprediksi suara suara paslon 01 mampu mengungguli paslon capres 02. Apalagi ada keberpihakan sejumlah bupati dan walikota, termasuk Gubernur Riau pada paslon 01 yang menjamin suara diatas 50 persen untuk paslon 01. Dugaan keberpihakan terang-terangan itulah yang akan diduga menjadi penyebab melambungnya suara paslon 01.

Demikian ditegaskan Edi Gustien, Wakil Sekretaris DPD Gerindra Riau, Kamis(29/04/2019).

“Ada keberpihakan dari elite Riau terhadap paslon 01, mulai dari Gubri, bupati dan walikota yang mengarahkan rakyatnya memilih paslon 01. Bagi kita pengusung paslon 02 tidak ada masalah, hanya saja kalau paslon 01 itu kalah di Riau apalagi nasional tentu akan ada konsekwensi bagi mereka kepala daerah yang tidak netral tersebut,”tegasnya.

Pihak Gerindra bersama partai pengusung lainnya memiliki bukti,adanya unsur keterlibatan para kepala daerah di Riau yang ikut-ikutan berpolitik praktis tersebut. Bukti itu baik melalui statement di media maupun bukti visual dan keterangan saksi dilapangan.

Menurutnya,semua kepala daerah di Riau bisa saja pro Jokowi,asal nanti siap menerima konsekwensi dari perbuatan mereka sekarang ini.

”Apapun sikap kepala daerah sama-samw Kita liat saja tanggal 17 April nanti
Tapi kami yakin Prabowo-Sandi menang di Riau diatas 50 persen,”papar EdiGustien.

Sementara itu pendukung paslon 01 A Saputera dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak kalah optimisnya. Ia berpendapat, bahwa Jokowi selama hampir lima tahun sudah menunjukan prestasi maksimal, tinggal finishing saja dalam membangun Indonesia.

Menurutnya, Jokowi-Makruf adalah pasangan serasi yang akan mewujudkan masyarakat adil sejahtera lima tahun kedepan, yang sudah terbukti selama ini.

“Bukti keberhasilan Jokowi sudah terbukti. Ia mampu membangun infrasrukur dari Sabang sampai Merauke, sektor pendidikan dan kesehatan juga tidak luput dari perhatian Jokowi. Saya pastikan suara Jokowi-Amien di Riau menembus 60 persen,’’ulas Syahputera.(afa)