PINGGIR (Riaulantang)- Nama Boscha FC Muara Basung sudah tak asing bagi dunia persepakbolaan di Mandau-Pinggir, Mandau bahkan Bengkalis. Mengambil istilah dari Boys Organitation Soccer Healty Association Foot Ball Club (Boscha FC) yang berarti
sekumpulan anak laki-laki pemain bola yang sehat, Boscha FC tumbuh dan berkembang di tanah kelahiran Bupati Bengkalis.

Riki Rihardi yang kini menjabat Camat Mandau dan Akhyar Mukminin Kepala Desa Muara Basung merupakan pemain yang pernah “merumput” memakai kostum kebanggaan Boscha FC. Namun kini estafet pemain diteruskan ke Septian Nugraha putra sulung bupati Amril Mukminin yang kini maju dalam helat pemilu legislatif DPRD Bengkalis.

Maju pesatnyw Boscha FC tak terlepas dari tangan dingin Akhyar Mukmin pengila bola . Akhyar yang kini menjadi manager Boscha FC bertekad menjadikan klub asuhannya itu menjadi klub profesional.

“Kami bertekad menjadikan Boscha FC menjadi club profesional di Kabupaten Bengkalis bahkan Riau,” tegas Akhyar yang juga menjabat Ketua KNPI Kecamatan Pinggir itu.

Lebih lanjut Akhyar yang juga Manager PS Duri itu memaparkan Boscha FC yang berjulukan Naga Terendam ini terbentuk pada tahun 1987 di desa Muara Basung. Seiring perkembangannya, Boscha makin terkenal di Kecamatan Pinggir dan Mandau.

Sejumlah kompetisi sudah pula diikuti, mulai dari kompetisi Kabupaten hingga Propinsi.
Prestasi demi prestasi sudah banyak diraih Boscha FC. Di setiap tahunnya mereka berhasil menjuarai laga.

Pada tahun 2018 lalu Boscha FC berhasil juara kompetisi Liga Gocek Tingkat kabupaten Bengkalis dan berhak mewakili Bengkalis untuk berlaga di tingkat provinsi Riau April 2019 ini. Tidak hanya itu, Boscha FC juga menjuarai liga antar desa se kecamatan Pinggir dan Talang Mandau. Tentu saja prestasi ini menambah semangat baru bagi pemain dan official.

“Boscha FC tumbuh menjadj club yang dicintai masyarakat kecamatan Pinggir. Mudah-mudahan kecintaan ini menjadi semangat bagi pemain untuk meningkatkan prestasi,” ujar Akhyar yang bersemangat di pinggir lapangan di sejumlah laga.

Terakhir, ungkapnya, Boscha FC saat ini tengah mengikuti kompetisi open turnamen Desa Tengganau Cup 1. Di open turnamen ini Boscha malaju ke babak final berhadapan dengan Bhayangkara FC Duri. Laga ini nantinya akan diselenggarakan di Lapangan PKS PT Adei, Pinggir, Minggu (07/04/2019) pukul 16.00 WIB.

“Mudah-mudahan di kompetisi ini kita bisa meraih prestasi terbaik,” harap Akhyar. (susi)