DURI (Riaulantang) – Waspada, modus penipuan seiring waktu terus berkembang. Hal ini agar tipu daya pelaku bisa memperdaya calon korban.

Seperti yang dialami salah seorang warga Air Jamban, Kecamatan Mandau. IRT ini dihubungi pelaku dengan mengajak ikut lelang sepeda Motor dan mentransfer sejumlah uang. Pelaku dengan sengaja membajak gambar orang lain untuk memuluskan modus penipuannya.

Refri Amran yang potonya dibajak untuk menjadi obyek penipuam itu kepada Riaulantang.com, Senin (10/12/2018) mengatakan poto diambil dari media sosial, dan dimanfaatkan oleh pelaku menghubungi orang yang mengaku kenal dengan dirinya.

“Ada pihak lain dengan sengaja menipu orang lain. Pelaku menggunakan photo saya. Pada saat pelaku menghubungi korban, poto saya sudah dipajang di Hp, sehingga ketika korban melihat WA jadi mengira kalau saya yang menghubungi. Korbannya juga kenal dengan saya. Mungkin disangka masih saya juga, walau korban heran kenapa suara saya berubah, “Sesalnya.

Dilanjutkan Refri, korban diajak untuk ikut lelang sepeda motor. Pada saat itu kata Refri, pelaku meminta sejumlah uang agar di transfer ke rekening yang sudah diberi pelaku pada korban.

“Diminta transfer Rp 2 juta. Dengan iming-iming sepeda motor. Pelaku berjanji menyerahkan sepeda motor hari ini,”sebutnya lagi.

Menurutnya, perlu ada kewaspadaan untuk masyarakat. Ditambah kata ketua Satgas ini, situasi saat ini bisa saja orang berbuat nekat.

“Kalau dapat telpon yang tidak dikenal, ada perubahan dan keganjilan lebih baik langsung dikroscek pada orang tersebut. Bisa langsung mendatangi rumahnya apabila kita kenal dan tahu sepak terjang orang tersebut tidak pernah melakukan hal-hal yang tidak biasa. Kita semua harus lebih waspada,”pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, korban diketahui sudah melapor pada pihak berwajib. Nomor pelaku juga masih aktif hingga sore tadi.(bambang)