BPBD saat melakukan pemadam di Kelurahan Pematang Pudu

DURI (Riaulantang) Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau terus berlangsung. Hingga kini sekitar 5 ha lahan sudah habis dilalap api.
Upaya pemadam masih terus dilakukan.

Hingga Selasa (21/08/18) 10 anggota Rescue BPBD Bengkalis sudah diturunkan membantu upaya pemadaman bersama 4 anggota TNI dipimpin Babinsa Pematang Pudu Serma Armen R, dan 5 anggota kepolisian dipimpin Brigadir Eddy Yulianto serta 4 anggota Damkar dipimpin Danru Joko.

Kasi Kedaruratan BPBD Bengkalis, Rusmali menjelaskan sekitar pukul 10.49 WIB, personil pemadam bergerak menuju ke lokasi lahan yang terbakar. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 5 Hektar. Bersama personil TNI dan Polri, pihaknya membawa 5 unit mesin untuk memadamkan api.

“Alat yang kami gunakan untuk memadamkan api yakni 2 unit mesin mini streaker, 1 unit mesin apung serta mesin robin BPBD dan Damkar masing-masing 1 unit,” ungkapnya.

Diakui Rusmali, kurangnya sarana dan prasarana menjadi kendala bagi personil dalam melakukan pemadaman.

“Kami sedikit merasa kewalahan dalam menangani kebakaran ini, akibat kurangnya sarana dan prasarana yang kami miliki, sejauh ini kami sedang berupaya memadamkan api, banyak titik api yang sulit kami jangkau,” terangnya.(susi)