DURI (Riaulantang)- Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni mengelar press relase kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan kasus narkoba yang terjadi di wilayah hukum Polsek Mandau. Press release yang di gelar sederhana di ruang tunggu Polsek Mandau, Senin pagi (13/11/17) menghadirkan dua tersangka curat dan tiga tersangka penyalahgunaan narkotika.

Didampingi Kapolsek Mandau Kompol Ricky Ricardo, Sik dan kanit Reskrim Polsek Mandau, Ipda Firman serta sejumlah personil Polsek Mandau, Kapolres menjelaskan bahwa pertemuan kali ini untuk mengekpos upaya yang dilakukan Polres Bengkalis terutama Polsek Mandau dalam memutus mata rantai kasus-kasus yang meresahkan masyakat, seperti curat dan narkoba.

Disampaikan Kapolres untuk curat, telah diamankan dua tersangka yang melakukan pembobolan tiga ruko dalam kurun sepekan. Masing-masing Toko Naga Mas di Hang Tuah Duri, Kantor CS Finance di Hang Tuah Duri serta toko Indomart di Km 4 Kulim. Kedua pelaku yang merupakan warga Balai Pungut dan Medan ini bekerja dengan membobol bagian dinding dangan linggis. Hasil kejahatannya di jual ke Medan.

Sementara untuk kasus narkoba. Terakhir diamankan tiga tersangka dilintas Duri Dumai. Satu tersangjka merupakan IRT yang berperan sebagai bandar narkoba, dua lainnya didapati bersama bandar itu dalam satu kamar.

“Tiga bulan terakhir mulai Agustus  hingga Oktober, Polsek telah melakukan pengungkapan terhadap 17 kasus penyalah gunaan narkoba. Dari pengungkapan tersebut telah diamankan 27 tersangka dengan rincian 25 orang laki – laki 2 orang perempuan. Dengan barang bukti

13.19 gram sabu sabu, 624.94 gram ganja 36 butir ekstasi,” jelasnya.

Dikatakan Kapolres dengan ekpose kasus ini, masyarakat lebih tahu bahaya narkoba yang mengintai di sekitarnya. Untuk itu peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk memerangi bahaya narkoba itu.

“Upaya pencegahanan peredaran narkoba dan curat ini dilakukan agar masyarakat merasa aman. Tapi jangan pula merasa keamanan itu menjadi tanggung jawab aparat kepolisian saja. Tapi tanggung jawab bersama,” tegasnya. (susi)