Camat Mandau Riki Rihardi tengah mengorek got yang tersumbat sampah

DURI (Riaulantang) Komitmen Kamis bersih yang dilantangkan Camat Mandau Riki Rihardi terus dijalankan. Setelah membersihkan tumpukkan sampah tiga titik di jalan protokol kota Duri, dua pekan lalu, hari ini Kamis pagi (16/08/18) Camat Mandau kembali membersihkan sampah kota. Tak banyak “pasukan” yang dibawa Camat seperti dua pekan lalu yang melibatnya sejumlah UPT dinas/ instansi terkait. Kali ini Camat cukup membawa “pasukan” di lingkungan kantor Camat Mandau.

Memulai kegiatan bersih bersih dari depan kantor Camat Mandau, Riki dan pasukan langsung turun memungut sampah di kiri kanan Jalan Sudirman. Median jalan yang masih digunakan warga untuk tempat menumpuk sampah juga tak luput dari perhatian mereka. Sampah yang terkumpul langsung dimasukkan ke kantong atau pun gerobak yang sudah di sediakan.

Rombongan kebersihan yang dipimpin Camat ini terus bergerak. Tiba di Pasar Duri, Riki mendapati masih ada warga yang sengaja membuang sampah di median jalan. Riki pun memberi pengertian ke warganya dan bersama-sama memungut kembali sampah untuk di buang di tempat yang sudah di sediakan.

“Jangan buang sampah di median lagi ya bu. Buang ditempat yang sudah disiapkan. Kan ada TPS. Kalau ibu buang disini kan wajah kota jadi tak sedap dipandang bu,” pesan Riki.

Pembersihan pun kembali dilakukan, sambil sesekali Riki berkomunikasi dengan warga agar tak membuang sampah sembarangan.
Tiba di dekat Simpang Jalan Pelita, Riki mendapati got yang tersumbat karena di penuhi sampah. Riki pun tanpa segan mengayunkan cangkul dan mengorek sampah yang menyumbat got itu.

Aksi bersih Camat ini mendapat perhatian warga yang berada di sekitar itu. Banyak yang tak menyangka kalau yang turun membersihkan got itu Camat Mandau Riki Rihardi yang merupakan adik kandung bupati Bengkalis.

“Itu Camat yang bersihkan got. Jarang-jarang Camat turun seperti ini. Kita apresiasilah. Mudah-mudahan dengan aksi ini kesadaran warga makin meningkat jaga kebersihan,” ujar Deni warga setempat yang tak menyangka Camat langsung turun tangan membersihkan got itu.

Upaya bersih-bersih sampah kota itu pun terus berlanjut hingga ke Simpang Pokok Jengkol Duri. Setelah itu Camat langsung menuju Stadion mini untuk mengikuti gladi bersih upacara HUT RI yang akan dilangsungkan di lapangan itu Besok, 17 Agustus 2018.

“Inshaalah kegiatan Kamis bersih akan terus kita laksanakan agar bisa menjadi contoh dan tauladan bagi warga untuk sama-sama menjaga kebersihan kota ini,” ujar Riki sembari mengatakan Kamis bersih kali ini juga sempena perayaan HUT RI ke 73 besok.(susi)