Ketua Timrak PKK Mandau Dewi Asdinar tengah memberi sambutan

DURI (Riaulantang)– Jalin Silaturrahmi, PKK Kecamatan Mandau mengelar lomba penyuluhan 10 Program Pokok PKK dan lomba cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) dan Menu serba Ikan. Sembilan kelurahan dan 2 desa se-Kecamatan Mandau, ambil bagian falam lomba yang dilaksanakadi Gedung Bathin Betuah, Selasa (27/11/18) itu.

Ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan Mandau, Dewi Asdinar menyampaikan kegiatan perlombaan ini merupakan ajang menjalin silaturahmi antar seluruh kader PKK yang ada di Kecamatan Mandau disamping ajang kreatifitas ibu-ibu.

“Ini ajang silaturrahmi. Harapannya agar seluruh kader PKK Kelurahan dan Desa bisa lebih aktif lagi mengikuti kegiatan ini,” jelas istri Camat Riki ini.

Dikatakannya kegiatan perlombaan penyuluhan 10 program pokok PKK dan lomba cipta menu B2SA serta lomba serba ikan ini tak hanya sekedar lomba tapi hendaknya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab banyak manfaat dari penyuluhan 10 program pokok PKK maupun lomba cipta menu, terlebih manfaat dari Menu B2SA.

“B2SA sangat penting bagi kita di keluarga untuk memberikan pola makan sehat dan gizi yang berimbang. Tak hanya untuk PKK saja tetapi kita mengharapkan untuk kedapannya bisa diterapkan untuk seluruh masyarakat yang adadi Kecamatan Mandau,” jelas Dewi Asdinar.

Dewi juga menambahkan untuk kedepannya agar penyuluhan tentang B2SA ini diterapkan di tiap kelurahan dan desa untuk pokja III PKK Kelurahan dan Desa. Mereka nanti bisa mengadakan praktek langsung agar masyarakat bisa lebih termotivasi untuk membudayakan makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman untuk keluarga.

Dewi Asdinar juga menyampaikan beberapa pretasi yang diraih PKK Kecamatan Mandau selama beliau menjabat sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Mandau lebih kurang 5 bulan ini. Diantara nya, Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bantan adalah perwakilan dari Provinsi Riau dalam mengikuti cipta menu B2SA Tingkat Nasional dan Provinsi Riau mendapatkan peringkat ke 7 dari 34 provinsi yang mengikuti perlombaan tersebut.

Desember mendatang Kecamatan Mandau kembali mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional untuk mengikuti untuk lomba menu ikan di Jakarta.

Adapun pemenang Lomba Penyuluhan Tingkat Kecamatan Mandau yaitu.
Juara 1 l Nurul Hidayati dari Kelurahan Pematang Pudu.
Juara 2 Titik Sri Rahayu dari Kelurahan Gajah sakti.
Juara 3 Metri Yeni dari Kelurahan Duri Timur.
Harapan Satu, Yulinar dari Kelurahan Duri Timur.
Harapan Dua, Efnida dari Kelurahan Duri Barat
Harapan Tiga, Lina Rahayu dari Kelurahan Pematang Pudu,

Untuk perlombaan Cipta Menu B2SA dan Menu Serba Ikan, Mandau Juara 1, Kelurahan Talang Mandi, Juara Kedua, Kelurahan Pematang Pudu dan Juara Ketiga, Kelurahan Gajah Sakti.
Untuk Juara Harapan, Harapan Pertama jatuh kepada Kelurahan Balik Alam, Harapan Kedua, Kelurahan Duri Barat dan Harapan ketiga, Kelurahan Duri Timur.

Sedangkan untuk Pemenang Kudapan Serba Ikan, Juara Pertama jatuh kepada, Kelurahan Talang Mandi, Juara Kedua, Kelurahan Balik Alam dan Juara Ketiga Kelurahan Air Jamban. Turut menjadi dewan juri untuk perlombaan ini Magdalena dan Ida Suryani dari TP PKK Kecamatan Mandau
(susi)