DURI (Riaulantang)- Proyek hotmik Jalan Hang Tuah Duri yang minim rambu akhirnya memakan korban. Satu unit truk Fuso Nopol DE 8627 IP, Jumat sore (30/11/18) sekira pukul 17.00 WIB terbalik di ruas jalan yang diperbaiki. Akibatnya arus di Jalur lintas Sumatera itu pun menjadi macet.

Pantauan di lapangan, truk terbalik ke sisi kiri dari arah kedatangan dari Simpang Garoga menuju Simpang Pokok Jengkol. Posisi truk yang terbalik menghalangi badan jalan. Ruas jalan hanya bisa di gunakan satu jalur hingga kemacetan tak terelakkan.

“Truk terbalik karena imbas jalan yang tinggi sebelah. Satu jalur di hotmik satunya lagi tidak. Ini akibat minimnya rambu hingga sopir tak menduga jalannya akan terputus,” jelas Salim warga setempat.

Dikatakannya, rambu lalin proyek hotmik yang membuat badan jalan menjadi tinggi sebelah ini sangat minim. Padahal seharusnya ini menjadi perhatian rekanan lantaran proyek ini berada di jalan lintas yang padat arus lalin.

“Jalan lintas ini dilewati pengendara dari berbagai penjuru. Harusnya ini menjadi perhatian khusus. Karena banyak pengendara yang tak tahu medan. Tiba-tiba jalannya terputus begitu saja hingga menjadi pemicu laka,” sesalnya.

Dikatakannya, rekanan pengerjaan proyek hotmik ini sepertinya mengabaikan keselamatan pengendara. Di beberapa ruas, jalan di gali tanpa memasang rambu hingga membuat pengendara kelabakan ketika melewatinya.

“Kita harap rekanan memikirkan keselamatan pengguna jalan juga. Jangan hanya memikir keuntungan proyek semata dan mengabaikan standar operasional,” tegasnya.

Terkait minimnya rambu proyek yang didanai APBN ini Riaulantang.com belum bisa mendapatkan konfirmasi dari pihak rekanan.

Sementara itu sampai berita ini di onlinekan truk masih diposisi terbalik dan arus masih macet. (bambang)