BENGKALIS (Riaulantang)- Setelah penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Ranperda) APBD Tahun 2019 pada 12 November 2018 lalu, akhirnya pada Kamis (29/11), pukul 15.35 WIB, APBD Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, disahkan.

APBD tahun 2019 tersebut disahkan melalui Rapat Paripurna Istimewa di ruang rapat paripurna kantor DPRD Bengkalis, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bengkalis H. Abdul Kadir, dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis H. Indra Gunawan Eet, Zulhelmi, Kaderismanto, serta 30 Anggota DPRD Bengkalis.

Adapun total APBD Kabupaten Bengkalis yang telah ditetapkan pada tahun 2019, sebesar Rp. 3.811.649.107.708,00.

Dengan asumsi pendapatan daerah sebesar Rp. 3.811.649.107.709,00 dan belanja daerah sebesar Rp. 3.877.649.107.708.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang dihadiri langsung oleh Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY dalam sambutannya berharap kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis selaku pengguna anggaran, agar segera mempersiapkan seluruh administrasi prosedur, teknis dan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan.

“Hal ini terkait dengan pertanggung jawaban masing-masing OPD dari progress, manfaat, maupun dampaknya terhadap masyarakat di Kabupaten Bengkalis,” ujar Bustami.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah juga meminta setelah selesai proses pengesahan APBD kepada masing-masing OPD agar kegiatan yang tertuang dan akan dilaksanakan segera dilelang. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan, yang pada akhirnya mampu memberikan dampak positif perekonomian masyarakat dan pembangunan Kabupaten Bengkalis.

“Seluruh kegiatan yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada APBD tahun 2019 pada intinya bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, mengingat kita punya tujuan yang sama, maka kami juga mengharapkan agar unsur DPRD untuk bersama mendukung segala pelaksanaan kegiatan, mengevaluasi, serta mengawalnya agar segala kegiatan dapat terlaksana sebagaimana mestinya,” kata Sekretaris Daerah Bengkalis.

Pada akhir sambutannya, Bustami juga mengucapkan terimakasih kepada Badan Anggaran Daerah (Banggar) DPRD dan seluruh Tim Penyusun Anggaran Daerah (TPAD) Kabupaten Bengkalis yang sudah bekerja secara maksimal dalam penyusunan APBD tahun 2019 ini.(susi)