DURI (Riaulantang) – Ribuan masyarakat Duri begitu antusias menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad Lc.MA, yang mengisi Tabligh Akbar di Masjid Besar Arafah Duri, Senin (23/7) malam. Kedatangan Ustad Abdul Somad di Masjid Besar Arafah Duri disambut ribuan umat muslim yang sudah menunggunya sejak pukul 17.00 WIB.

Pantauan di lapangan, ribuan umat muslim memadati komplek masjid besar Arrafah Duri sejak sore hari. Di dalam masjid full, begitu juga di halaman luar masjid.
Untuk mengantisipasi agar semua bisa menyaksikan tausyiah tersebut, panitia penyelenggara sudah mempersiapkan 6 buah layar lebar di halaman masjid, yang posisinya 2 di depan, 2 di samping dan 2 di belakang halaman masjid.

Adapun tema yang akan disampaikan pada acara Tabligh Akbar ini adalah menjalin persaudaraan dalam menyongsong peradaban masa depan. Menjelang waktu Isya, lantunan solawat juga dikumandangkan oleh grup Marawis El Kawakib Arafah Akustik Duri. Seruan “Allahu Akbar” menggema menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad.

Dalam Tabligh Akbar yang digelar, Ustadz Abdul Somad menyampaikan beberapa point penting sesuai dengan tema tausyiah tersebut pertama diantaranya, pertama, jangan berkelahi dengan suku dan bangsa yang beragam sehingga mengakibatkan perpecahan, kedua, mengajak umat muslim untuk selalu mendekatkan diri dan istiqomah dijalan Allah SWT dan ketiga, mengajak warga Duri untuk selalu menjaga persaudaraan.

Selama 1 jam 30 menit, para jemaah menyimak dan mendengarkan tausyiah UAS. Dengan gaya khasnya UAS yang penuh canda dan humoris, sehingga mengundang tawa para jemaah tersebut.

Terakhir UAS menyampaikan apresiasinya kepada panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan Tabligh Akbar dan Sholat Maghrib dan Isya berjemaah di Mesjid Raya Arafah Duri. UAS juga merasa senang dengan antusias warga Duri yang menghadiri kegiatan tersebut. UAS berharap kedatangan umat Muslim ke Mesjid Raya Duri semata hanya karena Allah SWT.

Sementara itu bupati Bengkalis diwakili Asisten Administrasi Umum, H. T. S. Ilyas mengucapkan terima kasih kepada Al-Mukarram yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara, Ustadz Abdul Somad yang sudi hadir di kota Duri Negeri Junjungan Bengkalis ini, karena dengan begitu padatnya jadwal pengajian beliau, namun masih bisa menyempatkan diri hadir bersama masyarakat Duri untuk menyampaikan wejangan melalui tausyiahnya.

Ilyas juga sangat mengapresiasi dan bangga terhadap panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan Tabligh Akbar, disertai Solat Magrib dan Solat Isya berjamaah di Masjid Besar Arafah Duri, terlebih dengan antusiasnya warga Duri yang menghadiri acara ini dengan tetap menjaga ketenangan dan ketertiban sewaktu acara berlangsung sampai acara tabligh akbar ini berakhir.(susi)