DURI (Riaulantang)-  Gandeng Smile Train yang merupakan organisasi amal terbesar  khusus menangani  celah bibir dan langit-langit, RS Permata Hati Duri, akan mengelar operasi bibir sumbing dan celah langit-langit, 20 Desember 2017 mendatang. Operasi ini disediakan gratis untuk 50 warga Duri dan sekitarnya. Warga yang berminat bisa mendaftar ke kontak person 081363390164 dan 085265763462.

Owner RS Permata Hati Duri, dr H Fidel Fuadi Datuk Majo Basa didampingi Direktur Dr Efriyanti kepada Riau Lantang.com, Senin (11/12/17) menjelaskan operasi bibir sumbing ini tak hanya terbatas untuk anak-anak tapi  semua umur. Mereka yang ingin ikut operasi gratis ini bisa langsung mendatangi RS Permata Hati di Jalan Sudirman Duri atau bisa langsung melalui kontak person diatas.

“Sebelum menjalani operasi. Peserta yang mendaftar akan kita cek dulu kondisi kesehatan, bibir dan langit-langitnya. Jadi pas pelaksanaannya nanti sudah bisa langsung operasi,” jelas dr Fidel yang juga anggota DPRD Bengkalis dari Fraksi PKS.

Dijelaskan Fidel, bibir sumbing adalah kelainan bawaan dalam bentuk ketidakutuhan (celah) pada bibir akibat gangguan proses penyatuan sisi kiri dan kanan janin saat di dalam kandungan. Celah dapat terbatas pada bibir, namun tidak jarang celah meluas sampai ke gusi dan langit-langit rongga mulut. Penyebabnya sampai kini belum bisa diidentifikasi pasti, namun menilik sebaran penderita kebanyakan berasal dari golongan ekonomi kurang mampu.

“Kita ingin membantu masyarakat yang tak mampu. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dimanfaatkan. Makanya daftarkan orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan bantuan. Senyum mereka adalah segalanya,” harap Fidel. (susi)