DURI (Riaulantang)- Seiring diterapkankannya program full day scholl di SMPN 8 Mandau pada tahun ajaran baru 2017/2018 ini, pihak sekolah dengan cepat berbenah. Sarana prasarana penunjang  aktifitas belajar 8 jam itu mulai di siapkan. Termasuk menyiapkan kantin sekolah untuk ratusan anak didik ini.

Kepala sekolah SMPN 8 Mandau, Tengku Naima, S.Pd kepada Riaulantang.com, Selasa (18/07/17) menjelaskan pihak sekolah memandang perlu pengadaan kantin dalam lingkungan sekolah agar anak-anak lebih terawasi pada saat jam istirahat.

“Karena sekolah dari pagi hingga pukul 15.00 WIB, kita bangun kantin di areal sekolah. Tujuannya agar anak-anak lebih terawasi saat jam istirahat dan mereka  tak boleh lagi keluar dari areal sekolah. Dananya kita bangun dari koperasi sekolah,” ujar Tengku Naima.

Dijelaskan Tengku, ada sekitar 16 kantin sekolah yang disiapkan untuk keperluan makan siang dan jajanan siswa. Kantin itu berjejer persis di belakang lokal belajar siswa hingga tak menganggu kegiatan belajar mengajar.

“Kantinnya di kelola koperasi. Pedagang tempatan yang semula berjualan di depan pintu masuk sekolah, sekarang kita masukkan ke dalam sekolah. Bagaimana sistemnya, mereka nanti yang rembuk dengan pengelola koperasi sekolah,” jelas Tengku Naima lagi.

Kendati kantin tersebut masih dalam proses pembangunan, tambahnya, namun antusias warga tempatan untuk berjualan di kantin sekolah itu terbilang tinggi. Sejumlah nama sudah mendaftar ke pengelola koperasi untuk berjualan di areal kantin yang akan disiapkan itu.

“Selain kantin, kita berharap tempat  ibadah seperti mushala juga tersedia. Alhamdulillah, kita dapat kabar mushalla juga akan dibangunkan di areal sekolah. Jadi anak-anak nanti bisa sholat di mushalla itu. Sekarang karena baru proses full day, anak-anak sholat dilokal masing-masing, tapi tempat wudhuknya sudah kita tambah,” pungkas Tengku Naima lagi. (Susi)