SELATBARU (Riaulantang) – Untuk mempromosikan wisata daerah Kabupaten Bengkalis yang terletak di Desa Selat Baru, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) menggelar Festival Budaya Bahari Pantai Selat Baru Tahun 2018, Sabtu (17/11) di Pantai Indah Parit I, Kecamatan Bantan.

Even tahunan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis melalui Asisten Pemerintahan Kabupaten Bengkalis Hj Umi Kalsum. Dikesempatan ini Hj Umi
mengatakan, Festival Budaya Bahari Pantai Selat Baru ini diadakan sebagai bentuk upaya Pemerintah dalam membangkitkan dan menggairahkan kesenian lokal serta menumbuhkan kesadaran mayarakat untuk menjaga dan melestarikan adat budaya dan kearifan lokal yang memiliki nilai ekonomis, sehingga nantinya mampu mensejahterakan masyarakatnya.

“Selain itu, melalui Festival yang digelar ini, masyarakat dapat memelihara dan mencintai lingkungannya, sehingga nantinya menarik minat para wisatawan untuk berkunjung dan berekreasi di Pantai Selat Baru ini. Sesuai dengan tema Festival tahun ini “Dengan Festival Budaya Bahari Daerah Selat Baru Tahun 2018, Kita Songsong Kunjungan Wisatawan Ke Kabupaten Bengkalis”, kata Umi Kalsum.

Kemudian lanjut Umi lagi melalui even ini, disuguhkan konsep blue economy, yang mana keberadaan laut harus dijaga, dilestarikan dengan baik dan biota laut harus tetap dilestarikan.

“Kami berharap pelaksanaan even ini berjalan sempurna. oleh karena itu akan terus dilakukan evaluasi, sehingga ke depan even tahunan ini benar-benar bisa berkelas Nasional bahkan Internasional,” ungkapnya.

Untuk Disparbudpora Kabupaten Bengkalis, Umi menyarankan agar gencar dalam berinovasi dan mempromosikan Pantai Selat Baru, sehingga upaya mendatangkan wisatawan dan income masyarakat dapat terealisasikan.

Sementara Camat Bantan, Reza Noverindra mengatakan Kecamatan Bantan memiliki 23 Desa yang hampir sebagian wilayahnya berada di hamparan bibir pantai.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya Kecamatan Bantan berupaya untuk mengembangkan potensi pantai seperti Agro pertanian dan mempublikasikan keindahan pesona bahari Pantai Indah Selat Baru yang memiliki air berwarna coklat yang tidak dimiliki pantai lainnya,” kata Reza.(dwi)