SELATBARU (Riaulantang)- Ribuan masyarakat baik dari Bengkalis maupun luar pulau Bengkalis ramaikan pantai SelatBaru Kecamatan Bantan untuk menyaksikan langsung Festival Budaya Bahari yang ditaja oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sabtu (17/11).

Even tahunan ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan permainan tradisional seperti Jung, Gasing dan Layang-Layang. Tak hanya itu, berbagai pementasan kesenian rakyat seperti Kompang, Reog Ponorogo Kuda Kepang serta penampilan tarian zapin ikut memberikan kontribusinya pada event tersebut.
Selain Permainan dan pementasan seni, lomba mewarnai tingkat TK juga ikut meramaikan acara yang bergengsi ini. Terlihat puluhan anak dari berbagai TK antusias saat mewarnai gambar yang disediakan oleh panitia.

Festival Budaya Bahari ini sengaja dilaksanakan rutin setiap tahun. Karena dinilai sebagai salah satu sarana untuk melestarikan nilai-nilai budaya. Khususnya melalui berbagai permainan tradisional atau permainan rakyat yang diperlombakan.
Permainan-permainan tersebut tidak tergerus dan tinggal nama akibat menjamurnya berbagai permainan modern. Akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah, agar falsafah atau nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam permainan rakyat tersebut tidak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan.

Selain menyaksikan Festival Budaya Bahari, masyarakat dari berbagai generasi ikut menyaksikan pesona pantai Selat Baru, tak sedikit diantara mereka memanfaatkan waktu libur untuk mandi bersama, duduk-duduk di pinggir pantai bahkan menikmati kuliner khas seperti lokan, udang dan makanan seafood lainnya yang ada di pantai Selat Baru.(dwi)