BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)- Even  Bakar Tongkang Rohil berjalan lancar. Dua tiang tongkang jatuh kelaut. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, rezeki untuk setahun kedepan mengarah kelaut.

Sebelum tongkang dibakar Minggu (11/6/2017), Bupati Rohil Suyatno, bersama Forkopimda Provinsi Riau dan Forkopimda Kabupaten Rokan Hilir didaulat untuk menaiki tongkang yang tiangnya sudah terpasang.

Setelah mereka turun, tongkang mulai dibakar dan tepat pukul 15.30 WIB, tiang kedua jatuh dan mengarah kelaut. Lautan manusia yang berada diareal tersebut langsung membubarkan diri dan mereka meyakini untuk satu tahun kedepan, rezeki mengarah kelaut.

“Tiang jatuh kearah laut,berarti rezeki kebanyakan dari laut,”Ujar Anggota DPRD Riau Siswadja Muljadi kepada Riaulantang.com Minggu usai mengikuti rangkaian Bakar tongkang

Dikatakang Pria yang akrab disapa Aseng UB ini meski tiang jatuh kelaut bukan berarti didarat tidak ada rezeki,tetap ada hanya kepercayaan masyarakat mungkin lebih banyak di laut

“Didarat juga ada rezeki. Ini hanya kepercayaan dari masyarakat. ada Yang percaya dilaut lebih banyak. Yang jelas ini lah tradisi nenek orang thionghoa Bagansiapiapi yang saat ini tetap terjaga dan menjadi even nasional,”pungkas Aseng (jon)